Monday, September 23, 2019
Tips
Tips

5 Tips Traveling saat Berpuasa

Spectr News Theme Isny Dewi R.
16, May 2019
683

Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Meski sedang berpuasa, Anda tetap bisa kok melakukan berbagai kegiatan termasuk traveling. Bagaimana caranya agar puasa tetap lancar meski sedang pergi liburan? Simak tips-nya di bawah ini!

1. Pilih Destinasi yang Sejuk
Jika ingin jalan-jalan saat sedang berpuasa, perhatikan tujuan wisata yang akan Anda pilih. Lebih baik memilih objek wisata yang sejuk seperti wisata hutan atau air terjun yang mudah dijangkau. Jika Anda mengunjungi tempat wisata yang cenderung panas, akan membuat tubuh Anda cepat merasa haus dan lelah.

2. Pilih Destinasi yang Mudah Dijangkau
Selain memilih destinasi wisata yang sejuk, perhatikan pula akses jalan menuju tempat tersebut. Pilih lah tempat wisata yang tidak membutuhkan usaha berat untuk mencapainya. Meski tempat tersebut memiliki udara yang sejuk, namun tetap akan berat jika perjalanan menuju lokasi membutuhkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki jauh. Oleh karena itu, pilih objek wisata yang lokasinya dekat dengan area parkir kendaraan sehingga tidak membutuhkan aktivitas fisik berlebihan. Bisa juga memilih tempat yang menyediakan fasilitas transportasi menuju lokasi wisata.

3. Lebih Baik Berangkat Pagi atau Sore
Hal lainnya yang juga harus Anda perhatikan jika ingin travelling saat sedang puasa adalah waktu keberangkatan. Pagi hari usai salat Subuh, merupakan waktu paling tepat untuk memulai perjalanan, karena selain udaranya masih sejuk dan matahari belum terbit, saat pagi Anda masih bertenaga dan lebih bersemangat. Jika berangkat siang hari dan Anda bepergian menggunakan motor, cuaca sangat panas dan Anda akan mudah merasa haus.

Sore hari juga merupakan waktu yang tepat untuk berangkat memulai perjalanan karena cuaca sudah tidak terlalu panas. Jika memulai perjalanan sore, lebih baik membawa bekal untuk antisipasi jika Anda masih berada di jalan saat waktunya buka puasa dan tidak menemukan penjual makanan atau minuman.

4. Fokus Berkendara
Salah satu kendala yang biasanya dialami oleh mereka yang travelling saat sedang puasa adalah kantuk. Jika di hari biasa rasa mengantuk bisa diatasi dengan minum kopi, tentunya Anda tidak dapat melakukan hal itu saat sedang berpuasa. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga fokus saat sedang berkendara. Jika Anda mulai mengantuk, maka lebih baik beristirahat sejenak dan tidak memaksakan diri.

5. Ibadah Jangan Terlewat
Meski sedang dalam perjalanan, namun ibadah salat lima waktu jangan sampai dilupakan. Saat mendengar azan, segera mampir ke masjid atau musala terdekat untuk menunaikan ibadah salat, termasuk salat Tarawih dan tadarus. Ibadah lancar, travelling pun jadi lebih nyaman.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration