< Tips

5 Tips untuk Anda yang Berencana Mudik Menggunakan Mobil

5 Tips untuk Anda yang Berencana Mudik Menggunakan Mobil

Tips

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Itu artinya, kesempatan bagi umat Muslim untuk mudik dan merayakan hari kemenangan ini bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Jika Anda termasuk yang akan mudik menggunakan mobil, alangkah baiknya untuk melakukan beberapa hal sebelum berangkat. Apa sajakah itu? Yuk, simak tips mudik menggunakan mobil di bawah ini!

1. Periksa Mobil ke Bengkel Resmi
Mobil membutuhkan perawatan rutin agar dapat berjalan dengan prima. Periksalah mobil Anda ke bengkel resmi karena lebih terpercaya. Pastikan seluruh bagian mesin sudah diperiksa, oli sudah terisi, dan ban dalam keadaan yang baik untuk menempuh segala medan. Karena kenyamanan berkendara menjadi hal yang penting saat mudik, apalagi jika tujuannya cukup jauh.

2. Bawa Perlengkapan Reparasi Mobil
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan mudik Anda. Untuk itu, perlengkapan reparasi mobil harus Anda bawa, mulai dari ban cadangan, hingga dongkrak dengan segala peralatannya. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu mobil Anda mengalami masalah di tempat yang jauh dari bengkel.

3. Tambahkan Kasur Tipis
Mungkin sebelumnya Anda jarang atau malah tidak pernah membawa kasur tipis saat mudik. Padahal kasur ini dapat berguna sebagai tempat tidur jika Anda merasa tak nyaman duduk berlama-lama di mobil. Tumpuk tas-tas yang berisi baju pada celah bangku belakang dan depan. Letakkan kasur tipis di jok belakang, di atas tas pakaian, agar dapat berbaring dengan nyaman.

4. Bawa Perbekalan Air Minum
Dehidrasi sangat mungkin terjadi saat perjalanan panjang, apalagi seperti yang Anda tahu, banyaknya orang yang ingin mudik lebaran membuat kondisi jalanan di daerah-daerah menjadi macet parah. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda terjebak macet dan merasa haus, namun tidak ada satupun warung atau orang yang berjualan minuman, Anda sudah mengantisipasinya dengan membawa bekal air minum. Usahakan juga membawa buah-buahan yang mengandung air, untuk mencukupi kebutuhan vitamin selama perjalanan.

5. Beristirahat di Tempat yang Nyaman

Perjalanan yang jauh tentunya membuat Anda lelah atau bosan jika terlalu lama di dalam mobil. Tidak baik juga jika mobil digunakan terus-menerus tanpa berhenti sekalipun. Anda harus berhenti sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dan mobil. Usahakan berhenti di tempat yang nyaman, agar Anda mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas meski hanya sebentar. Anda bisa mencari tahu di mana saja tempat istirahat yang nyaman melalui media sosial atau situs-situs yang menyajikan info tentang mudik. Jadi, sudah siap untuk mudik