Monday, June 17, 2019
Tips
Tips

5 Tips Untuk Introvert Mempromosikan Diri di Dunia kerja

Spectr News Theme Isny Dewi R.
17, January 2019
654

Orang yang memiliki kepribadian introvert lebih suka diam dan sedikit berbicara. Kebalikan dari mereka yang berkepribadian extrovert. Tiap kali ingin berbicara, muncul rasa takut atau malu dalam diri introvert kalau-kalau yang diucapkan itu salah. Mereka bahkan harus berjuang lebih keras dibanding para ekstrovert saat mengikuti wawancara kerja agar tidak merasa takut.

Meski begitu, bukan berarti perjuangan karier para introvert akan terhambat. Anda hanya perlu mengetahui cara mempromosikan diri yang baik dan benar agar negosiasi kerja berhasil dan Anda diterima di perusahaan yang diinginkan. Berikut tips mempromosikan diri untuk para introvert dilansir dari cermati.com.

1. Jangan Minder
Jangan pernah meremehkan kemampuan orang introvert! Ada saja kejutan yang secara tak sengaja mereka berikan, terutama saat diajak untuk berpikir dan menganalisis. Kata-kata yang keluar dari mulut mereka tak asal keluar begitu saja, tetapi melalui pertimbangan dan contoh konkret. Para introvert terbiasa meneliti masalah secara detail, mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar. Setelah itu, barulah mengambil kesimpulan. Orang dengan kemampuan seperti inilah yang sangat dibutuhkan perusahaan. Oleh karena itu, para introvert harus bangga dengan kemampuan ini, dan tak perlu minder!

2. Menerima Diri Sendiri
Mengelak dari kenyataan bahwa Anda adalah seorang introvert tidak lah baik. Akuilah siapa diri Anda dan jujur terhadap diri sendiri. Selain akan membuat Anda merasa nyaman dan fokus, orang lain pun akan merasa demikian. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi rasa grogi atau ketakutan-ketakutan lain yang kerap datang. Tak semua perusahaan hanya menginginkan karyawan yang memiliki kepribadian extrovert. Namun tak sedikit pula perusahaan yang memang membutuhkan sosok introvert yang cocok memegang posisi tertentu.

3. Belajar Bersosialisasi
Beberapa introvert lebih nyaman menghabiskan waktu bersama dirinya sendiri. Tetapi, sifat ini harus bisa dikikis pelan-pelan saat memasuki dunia kerja. Bagaimana pun juga, Anda akan menjalin relasi dan bekerja dengan banyak orang demi perkembangan karier dan kemajuan perusahaan. Luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan rekan kerja agar lebih akrab dan mengenal baik seperti apa mereka. Bagi introvert, hal ini memang sulit dilakukan, tetapi seiring berjalannya waktu Anda pasti mulai terbiasa berinteraksi dengan orang lain.

4. Latihan Berbicara
Agar komunikasi berjalan lancar, coba lah untuk latihan berbicara di depan cermin. Dengan berlatih, Anda jadi tahu apa saja yang menjadi kekurangan saat sedang berbicara dengan orang lain. Selain latihan berbicara, Anda perlu melatih berbicara menggunakan ekspresi, kontak mata dan bahasa tubuh yang tepat agar tidak terkesan kaku dan orang lain pun merasa nyaman saat berbincang dengan Anda.

5. Cari Mentor yang Tepat
Dengan adanya mentor, Anda akan dibantu meningkatkan kualitas dan kualifikasi diri menghadapi dunia kerja. Mentor juga akan mengajarkan Anda bagaimana cara menjawab pertanyaan yang baik dan meningkatkan rasa percaya diri di hadapan orang lain. Pilih mentor yang sabar dengan segala kepribadian Anda, agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif tanpa merasa tertekan. Semoga sukses!

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration