< Tips

5 Tips untuk Mahasiswa Akhir Agar Tidak Jadi Pengangguran

5 Tips untuk Mahasiswa Akhir Agar Tidak Jadi Pengangguran

Tips

Tingkat pengangguran di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Banyak lulusan sarjana yang berakhir menjadi pengangguran. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya perencanaan yang matang saat sudah memasuki semester akhir, sehingga berdampak saat mereka lulus. Banyak para fresh graduate yang bingung mau ke mana, dan harus bagaimana?

Nah, bagi Anda yang sedang menjalani semester akhir atau akan lulus dalam waktu dekat, jangan biarkan waktu Anda terbuang sia-sia. Cobalah meluangkan waktu untuk memikirkan dan merencanakan apa yang akan Anda lakukan saat sudah mendapatkan gelar sarjana nanti. Karena menyandang label sarjana pengangguran termasuk salah satu beban yang sangat berat. Tenang, selagi masih ada waktu tersisa, simak dan lakukan beberapa tips berikut ini agar terbebas dari status sarjana pengangguran.

1. Kerja Paruh Waktu (Part Time)
Jika Anda masih menyandang status mahasiswa akhir, sambil menunggu skripsi selesai atau waktu wisuda tiba, alangkah baiknya jika memanfaatkan waktu tersebut untuk kerja paruh waktu. Hal ini dapat membantu Anda setidaknya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti jajan, membeli perlengkapan pribadi, atau kuota internet. Anda pun tidak perlu lagi meminta uang dari orang tua.

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan kerja paruh waktu dan jika pekerjaan Anda dinilai baik dan berkualitas, bukan tak mungkin perusahaan tersebut mengangkat Anda menjadi karyawan tetap setelah lulus nanti.

Selain dapat menambah pengalaman, dengan kerja part time Anda juga akan memiliki banyak link untuk mencari tahu lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi. Apalagi saat ini lowongan kerja lebih memprioritaskan orang orang yang sudah berpengalaman di dunia kerja.

2. Jangan Bosan Menghadiri Job Fair
Pameran lowongan pekerjaan atau jobfair  juga sangat membantu. Semakin sering menghadiri job fair, semakin besar pula peluang mendapatkan panggilan pekerjaan. Dari sini, Anda akan semakin paham bagaimana alur penyeleksian dan kriteria pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

3. Maksimalkan Hobi
Di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, hobi ternyata dapat menghasilkan keuntungan jika Anda dapat memaksimalkannya.

Selain tentunya fokus pada skripsi atau tugas akhir, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang terkait dengan hobi Anda. Sebagai contoh, jika Anda hobi memotret, Anda bisa mencoba mengikuti lomba fotografi atau membuka jasa fotografer. Lumayan, kan, dari kegiatan yang disukai ternyata bisa menghasilkan uang? Siapa tahu, dari sini Anda berpeluang untuk membuka bisnis sendiri nantinya.

4. Ikuti Kursus Gratis
Menunggu memang sangat membosankan. Sambil menunggu waktu sidang skripsi atau wisuda datang, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk hal positif lainnya, seperti mengikuti kursus gratis. Selain mengurangi stres pasca skripsi, hal ini juga bermanfaat untuk Anda saat baru mulai bekerja nantinya.

5. Ikut Organisasi atau Komunitas
Banyak cara untuk memperbanyak teman, entah itu di dalam maupun di luar kampus. Hal ini juga dapat mendatangkan manfaat saat Anda sedang mencari pekerjaan. Jangan sungkan untuk ikut berbagai organisasi atau komunitas yang sesuai dengan minat Anda dan jalin pertemanan yang baik dengan para anggotanya.