Saturday, May 25, 2019
Recreation
Recreation

5 Toko Buku Independen di Jakarta, Wajib Mampir!

Spectr News Theme Isny Dewi R.
20, February 2019
537

Bosan dengan buku-buku yang biasa ditemukan di toko buku reguler? Kalau Anda termasuk penggemar buku, ada baiknya mampir ke toko buku independen. Menurut omuniuum.net, toko buku independen sendiri merupakan toko buku bermodal kecil yang biasanya berawal dari komunitas atau individu yang sangat mencintai buku.

Di toko buku independen, Anda akan menemukan banyak buku-buku berkualitas yang bukan keluaran dari penerbit besar. Meski belum banyak, tapi di Jakarta ada beberapa toko buku independen yang cocok disambangi untuk menghabiskan libur akhir pekan. Ini dia pilihannya!

1. POST Bookshop
Terletak di lantai atas Pasar Santa, POST memiliki desain yang memanjakan mata. Dengan interior minimalis dan alunan musik jazz yang menenangkan, para pecinta buku dijamin betah membaca buku di sini.

Toko buku independen yang sudah ada sejak tahun 2014 ini menjual buku-buku pilihan dengan stok terbatas. Semua buku yang dipajang di rak merupakan hasil kurasi tiga pendiri toko, yaitu Teddy, Maesy, dan teman mereka Nissa. Buku-buku tersebut berasal dari penerbit independen dan tidak dijual di toko buku reguler.

Selain buku-buku independen dari dalam negeri, POST Bookshop juga menjual buku-buku impor. Tak jarang, pemilik toko hunting buku-buku impor. Sedangkan untuk buku-buku dalam negeri, pemilik biasanya sudah mengenal penerbit indie yang dengan senang hati memberikan informasi mengenai buku terbaru mereka. Menariknya lagi, POST juga menjual buku-buku bekas di mana hasil penjualannya akan digunakan untuk merawat kucing liar yang tinggal di sekitar Pasar Santa.


Photo Source: @post_santa 

POST Bookshop
Instagram: @post_santa
Alamat: Lantai Atas Pasar Santa, Jl. Cisanggiri II No.6, Kby. Baru, Jakarta Selatan
Email: postpasarsanta@gmail.com
Jam buka: Jumat – Minggu: 15.00 – 20.00 WIB

2. Aksara Store
Juli 2018, toko buku Aksara Kemang kembali dibuka dengan konsep baru. Aksara tidak lagi menjadi toko buku reguler, melainkan kembali ke ‘asalnya’ sebagai alternatif pilihan yang menghadirkan buku-buku berbahasa Inggris dan Indonesia dengan kategori genre sastra maupun fiksi. Buku-buku yang dijual pun bukan buku umum, tapi buku-buku yang sudah terkurasi dengan baik oleh tim Aksara Kemang dan POST Bookshop yang turut membantu.

Aksara kini tak sekadar toko buku untuk belajar. tapi juga merambah fungsi lain sebagai pusat komunitas. Di bangunan yang sama terdapat, Ganara Art Studio yang menempati 50% bangunan, Kinosaurus Jakarta, Ruang Seduh, ABCD Coffee School, Lab Rana Jakarta, Samson Vinyl Music, dan lain-lain. Tak ada lagi wajah toko buku yang suram dan membosankan.

Aksara Store
Instagram: @aksarakemang
Alamat: Jl. Kemang Raya No.8B, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta Selatan
No. Telp: 021 7199288
Email: aksarabookskemang@gmail.com
Jam buka: Senin – Jumat 10.00 – 21.00, Sabtu & Minggu: 10.00 – 22.00 WIB

3. Transit Bookstore
Lagi-lagi di Pasar Santa, Transit Bookstore merupakan toko buku independen pendatang baru. Menempati ruangan mungil, Transit baru saja melakukan soft opening pada bulan Desember 2018. Berbeda dengan tetangganya, POST Bookshop, Transit hanya fokus pada karya literatur asing.


Photo Source: @transitsanta

Di sisi kiri toko, terdapat peta dunia bertempelkan kertas bertuliskan berbagai judul buku yang sedang dipajang, menandakan negara asal atau latar tempat buku tersebut. Transit hanya menyediakan satu eksemplar buku untuk setiap judul yang mereka kurasi, maka dari itu, perlu usaha ekstra untuk mendapatkannya. Transit juga mempunyai tema kurasi yang selalu diperbarui setiap tiga bulan. Salah satu tema yang pernah diangkat adalah Displacement yang mengeksplor kisah para imigran, diaspora, dan pencari suaka.

Transit Bookstore
Instagram: @transitsanta
Alamat: Lantai Atas Pasar Santa, Jl. Cisanggiri II No.6, Kby. Baru, Jakarta Selatan
Email: transitbookstore@gmail.com
Jam buka: Sabtu & Minggu: 14.00 – 21.00 WIB

4. Gerai Salihara
Toko buku ini berada satu kompleks dengan bangunan teater, ruang pameran dan juga kantor Salihara. Ya, tempat ini dikelola oleh Komunitas Salihara yang terkenal sebagai komunitas seni dan budaya.

Toko buku independen di Jakarta ini juga menjual barang lain seperti DVD, tumbler, kaos, dan kerajinan tangan. Sebagian besar buku di Gerai Salihara adalah karya sastra dari penulis Indonesia, esai budaya, dan memoar, serta beberapa buku langka lainnya yang tentunya jarang ditemukan di toko buku reguler. 

Gerai Salihara
Website: https://gerai.salihara.org/?lang=id
Instagram: @gerai_salihara
Alamat: Jl. Salihara No.16, Ps. Minggu, Jakarta Selatan
No. Telp: 0877 7591 3878
Email: gerai@salihara.org
Jam buka: Selasa – Minggu: 12.00 – 20.00 WIB

5. Seumpama Books
Seumpama Books merupakan penerbit independen dan toko buku online yang tumbuh dari proyek antara dua teman. Di sini Anda bisa menemukan novel-novel Penguin Klasik yang berharga karya H.G. Wells dan Aldous Huxley di antara yang lainnya. Meski berbasis online, Anda bisa cek akun media sosial mereka, karena Seumpama Books sering menyelenggarakan bazar buku untuk memanjakan para pecinta buku.

 
Photo Source: @seumpamabooks

Seumpama Books
Website: http://www.seumpama.com
Instagram: @seumpamabooks

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration