< Technology

5 Trik Agar Foto di Malam Hari Menggunakan Smartphone Lebih Menarik

5 Trik Agar Foto di Malam Hari Menggunakan Smartphone Lebih Menarik

Technology

Anda suka jalan-jalan sambil memotret berbagai objek menggunakan ponsel pintar? Pernahkah terbesit di pikiran Anda untuk memotret di malam hari? Mungkin ada sedikit keraguan, karena kurangnya cahaya di malam hari akan membuat foto jadi kurang menarik. Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa memotret di malam hari dengan baik. 5 trik ini mungkin dapat membantu Anda.

1. Menggunakan Tripod dan Timer
Saat hendak memotret di malam hari usahakan untuk menggunakan tripod dan timer. Memotret dalam keadaan kurang cahaya membutuhkan shutter lambat untuk menangkap cahaya yang lebih banyak.

Agar hasilnya tidak blur, Anda bisa menggunakan timer dan tripod. Jika Anda terpaksa menggunakan shutter manual, pastikan untuk tidak bergerak atau tahan napas sebentar saat menekan tombol shutter.

2. Gunakan Mode Manual
Modus otomatis pada kamera smartphone memang memungkinkan pengguna dapat mengambil foto dengan cepat sehingga mampu menangkap dalam sekejap. Sayangnya, modus ini tidak cocok untuk memotret di malam hari.

Untuk itulah, Anda dianjurkan menggunakan mode manual. Smartphone keluaran tahun 2016 dan seterusnya biasanya sudah dilengkapi mode manual. Dari situ, Anda dapat mengatur pengaturan sesuai dengan kondisi di sekitar Anda.

3. Atur Shutter Speed, Aperture, dan ISO (International Standards Organization)
Kamera Smartphone saat ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur untuk mode manualnya, seperti shutter speed, aperture, dan ISO.

Dalam mode manual, cobalah mengatur shutter speed yang lebih lambat agar lebih banyak cahaya yang ditangkap. Sementara untuk aperture cukup menyesuaikannya dengan shutter speed.

Pengaturan lain yang tak kalah penting adalah ISO, fungsinya untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensitivitas sensor yang digunakan. Singkatnya, ISO rendah cocok digunakan saat kondisi terang, sedangkan ISO tinggi cocok digunakan saat kondisi gelap seperti saat malam hari.

4. Aktifkan Modus Malam (Night Mode)
Night mode merupakan modus yang ada di hampir semua kamera ponsel pintar. Dengan fitur ini, hasil foto akan lebih baik dan terang. Namun untuk memakainya, pastikan gambar yang dipotret tidak bergerak agar hasil foto tidak blur.

5. Pilih Tempat yang Tepat
Untuk mendapat foto malam hari yang pas, salah satu hal yang paling penting adalah memilih tempat yang tepat, sebab tidak semua tempat bisa menyajikan sudut pandang yang bagus saat difoto di malam hari.