< Tips

5 Trik Berikan Kesan Pertama yang Baik di Dunia Bisnis

5 Trik Berikan Kesan Pertama yang Baik di Dunia Bisnis

Tips

Memberikan kesan pertama yang baik sangatlah penting, apalagi dalam dunia bisnis di mana Anda bertemu dengan klien atau orang lain di luar perusahaan. Kesan pertama dapat terbentuk mulai dari detik pertama lho. Karena itu simak 5 trik berikut agar dapat menghasilkan kesan pertama yang baik di dunia bisnis!

1. Atur Energi
Sebelum mulai pertemuan dengan orang lain dalam dunia bisnis, pikirkanlah seperti apa orang yang Anda ingin temui dan reaksi apa yang Anda harapkan dari orang tersebut. Kemudian mulailah atur energi sesuai dengan sifat dan reaksi orang lain yang Anda harapkan tersebut. Hal ini penting untuk mencegah memberikan reaksi yang tidak tepat pada orang lain. 

2. Perlihatkan Penampilan yang Baik
Pikirkan baju, aksesoris, serta make-up apa yang akan Anda gunakan. Penampilan menjadi hal pertama yang diperhatikan orang lain ketika bertemu dengan Anda. Sesuaikanlah gaya berbusana dengan kepentingan bisnis Anda. Misalkan jika ingin wawancara pekerjaan, janganlah gunakan aksesoris yang berlebihan, dan apabila ingin rapat dengan klien sesuaikanlah busana dengan bidang pekerjaan Anda agar perusahaan yang Anda wakilkan dapat dinilai baik juga. 

3. Pelajari Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh juga tanpa sadar dapat mengkomunikasikan apa yang Anda rasakan atau pikirkan. Cara mudahnya adalah rekam melalui video kebiasaan Anda sehari-hari mulai dari cara berjalan, cara duduk, dan cara berbicara. Kemudian nilailah bahasa tubuh Anda sendiri, jika ada yang kurang baik bisa diubah sebelum bertemu dengan orang lain. 

4. Atur Mood
Bila suasana hati atau mood Anda sedang tidak baik, usir terlebih dahulu mood tersebut karena bisa berpengaruh pada ekspresi wajah dan tingkah laku Anda. Atur suasana mood Anda menjadi senang dan gembira sebelum bertemu orang lain agar suasana menjadi lebih menyenangkan. 

5. Jadilah Orang yang Tertarik
Saat bertemu dengan orang lain buatlah agar diri Anda tertarik dengan lawan bicara Anda. Dengan ini suasana saat ngobrol pun akan lebih mencair, dengarkan lawan bicara Anda dengan baik dan bertanyalah jika ada yang ingin ditanyakan.