< Tips

5 Trik Jitu Untuk Mendapatkan Foto Selfie yang Menarik

5 Trik Jitu Untuk Mendapatkan Foto Selfie yang Menarik

Tips

Istilah selfie saat ini memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Selfie seolah sudah menjadi ritual yang wajib dilakukan saat seseorang mengunjungi tempat-tempat yang menarik atau sedang dalam penampilan terbaik. Bahkan ada yang melakukannya sesaat setelah bangun tidur.

Namun, untuk mendapatkan hasil foto selfie yang baik ternyata tidak begitu mudah. Tak jarang, banyak yang melakukannya hingga berkali-kali agar mendapatkan hasil yang maksimal dan mengundang banyak like atau komentar pujian saat diunggah ke media sosial. Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan selfie, agar mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Yuk, cari tahu triknya di bawah ini!

1. Buat Penampilan yang Menarik Sebelum Selfie
Selfie memang biasanya dilakukan secara spontan. Meski begitu, ada baiknya Anda melihat kembali penampilan Anda sebelum selfie. Jika terlihat kurang menarik, coba rapikan penampilan Anda, mulai dari rambut, pakaian, hingga riasan wajah khusus untuk wanita.

 

2. Jauhkan Sedikit Wajah Anda dari Kamera
Salah satu faktor yang dapat menghilangkan kesan natural dari foto selfie Anda adalah melihat langsung ke arah kamera. Hal ini sebenarnya malah membuat foto Anda terkesan norak dan menyebabkan sinar lampu blitz kamera menyinari retina mata, hasilnya pun jadi kurang bagus. Cobalah memposisikan wajah Anda sedikit menjauh dari kamera, dijamin hasil selfie menjadi lebih baik.

 

3. Pilih Latar Foto yang Menarik
Foto selfie dengan latar belakang kamar dan lemari Anda yang berantakan tentunya tidak menarik, bukan? Apalagi jika diunggah ke media sosial, yang ada malah Anda tidak akan mendapatkan satupun like. Sebaiknya pilih latar foto yang menarik, seperti dinding berwarna polos, ukiran menarik, atau pintu dan jendela dengan tata letak yang unik.

 

4. Gunakan Fitur Timer
Seringkali saat hendak selfie, Anda dibuat kesulitan ketika harus menekan tombol shutter menggunakan satu jari. Atau foto selfie yang menjadi kabur karena smartphone terguncang akibat terlalu bersemangat menekan tombol shutter. Agar hal seperti ini tidak terjadi, gunakanlah fitur timer dan setel dengan jangka waktu tiga hingga lima detik. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengarahkan kamera smartphone dengan angle yang bagus, memfokuskan kamera, tekan tombol shutter, dan tunggu tiga sampai lima detik hingga foto tertangkap sempurna.

 

Tapi akan lebih mudah lagi jika smartphone Anda memiliki fitur palm shutter dan voice shutter. Anda cukup menunjukkan telapak tangan Anda ke kamera atau menyebutkan kata “cheese”, maka pose Anda akan langsung tertangkap kamera.

 

5. Pencahayaan
Pencahayaan adalah salah satu faktor penting saat mengambil foto apapun, termasuk selfie. Jika Anda selfie di luar ruangan saat hari masih terang dengan pencahayaan alami, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal dengan mudah. Namun, jika Anda ingin mengambil selfie di dalam ruangan, usahakan mencari tempat dengan pencahayaan yang mencukupi, seperti di dekat jendela atau di bawah lampu yang menyala. Selamat mencoba!