< Tips

5 Trik Mengepak Barang Agar Tak Perlu Membayar Bagasi Pesawat

5 Trik Mengepak Barang Agar Tak Perlu Membayar Bagasi Pesawat

Tips

Keputusan beberapa maskapai penerbangan di Indonesia untuk menghapus kebijakan bagasi gratis, ternyata masih bisa diakali dengan membawa lebih sedikit barang. Salah satu triknya ada pada pemilihan barang dan cara mengepaknya dengan ketentuan ukuran dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm, serta beban tidak lebih dari 7 kg. Berikut beberapa trik mudah yang bisa digunakan saat mengepak barang bawaan agar tak perlu membeli bagasi tambahan.

1. Pakai Pakaian yang Berat
Kenakan pakaian dengan bahan yang berat seperti jeans, sepatu boots, dan jaket saat akan melakukan penerbangan. Simpan pakaian bahan ringan Anda di tas atau koper, sehingga tidak ada kelebihan barang bawaan.

2. Bawa Kosmetik dan Perlengkapan Mandi Ukuran Kecil
Saat ini semakin banyak produk kosmetik dan perlengkapan mandi dalam bentuk travel pack. Ini sangat membantu, karena ukurannya lebih kecil dan ringan jadi dapat mengurangi berat barang bawaan Anda.

3. Gulung Pakaian
Menggulung pakaian dengan benar dapat menghemat kapasitas tas jinjing Anda. Di Youtube ada banyak panduan menggulung pakaian untuk traveling, Anda bisa mencoba dan menerapkannya saat akan bepergian menggunakan pesawat.

4. Gunakan Plastik Kompresi
Menggunakan plastik kompresi cukup menguntungkan, karena dapat digunakan berkali kali. Plastik ini dapat mengempeskan udara sehingga pakaian jadi lebih tipis dan mudah dipak. Namun, pastikan menggunakannya dengan baik agar awet dan bisa digunakan lagi saat akan bepergian.

5. Maksimal Bawa Dua Sepatu
Umumya, bobot sepasang sepatu sekitar 0,6 kilogram. Pakailah sepatu yang paling berat, lalu packing sepatu yang ringan. Atau lebih baik membawa sandal jepit sebagai cadangan, karena lebih ringan dan tidak terlalu memakan banyak ruang di dalam tas.