< Technology

5 Trik Menghasilkan Foto dari Kamera Smartphone Sebagus Mirrorless

5 Trik Menghasilkan Foto dari Kamera Smartphone Sebagus Mirrorless

Technology

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak pengguna media sosial Instagram, rela merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat membeli kamera mirrorless agar dapat menghasilkan foto yang bagus dan bisa dipajang di feeds Instagram mereka. Padahal, ada banyak cara agar hasil jepretan foto Anda tetap terlihat menarik meski hanya menggunakan kamera smartphone. Penasaran? Langsung saja yuk, baca trik-triknya di bawah ini!

1. Pilih Resolusi Kamera Paling Tinggi
Meski bukan syarat utama, namun kamera smartphone dengan resolusi tinggi dapat membantu Anda menghasilkan foto sebagus kamera mirrorless. Karena rata-rata resolusi kamera mirrorless di atas 16 MP (megapiksel), maka usahakan memilih resolusi yang sama atau sedikit di atasnya. Tidak sulit, kok, karena hampir semua smartphone kini sudah dibekali kamera dengan resolusi 16 MP, bahkan ada yang sudah mencapai 20 MP.

2. Gunakan Rule of Third
Agar komposisi foto Anda pas, gunakanlah rule of third, yakni teknik membagi frame menjadi tiga bagian, baik secara horizontal maupun vertikal. Dengan teknik ini, Anda dapat menempatkan gambar dengan komposisi yang tepat, sehingga foto pun terkesan natural.

Untuk menerapkan rule of third di kamera ponsel, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur grid. Nantinya di layar ponsel akan muncul garis-garis yang akan memandu Anda menggunakan teknik rule of third dengan mudah.

3. Aktifkan Fitur HDR
Pada kamera mirrorless terdapat fitur yang membuat hasil foto terlihat lebih tajam sehingga warna yang dihasilkan mendekati warna aslinya, yakni HDR (High Dynamic Range). Nah, kabar gembiranya, fitur ini sekarang juga hadir di smartphone, lho! Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan di kamera ponsel dan mengaktifkan fitur HDR.

4. Manfaatkan Sumber Cahaya Alami
Cahaya adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum mengambil foto. Anda disarankan untuk memanfaatkan sumber cahaya alami agar hasil foto terlihat bagus. Namun, perhatikan juga arah datangnya cahaya. Usahakan kamera smartphone Anda membelakangi cahaya agar tidak muncul backlight atau silau pada foto.

5. Gunakan Aplikasi Photo Editor
Terakhir, untuk menyempurnakan hasil foto, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi edit foto, seperti VSCO, Snapseed, atau PicsArt. Jika hasil foto Anda terlihat kurang terang, halus, atau tajam di warnanya, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengeditnya sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan Anda. Yuk, dicoba!