Friday, December 13, 2019
Tips
Tips

5 Trik Menjaga Barang Bawaan saat Traveling

Spectr News Theme Isny Dewi R.
09, April 2019

Tindak kejahatan seperti pencurian marak terjadi di lokasi wisata. Keramaian dan kelengahan wisatawan biasanya menjadi faktor pencurian sering terjadi di lokasi wisata. Terlebih banyak wisatawan yang belum banyak mengetahui mengenai objek wisata tersebut dan asyik bersenang-senang. Tapi tenang! Check In Jakarta akan berbagi trik menjaga barang bawaan tetap aman saat sedang berwisata.

1. Riset
Anda cukup melakukan riset melalui internet. Membaca blog-blog orang yang sudah pernah mendatangi objek wisata yang akan Anda tuju, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui fitur Ask a Question di Google. Biasanya, jika tempat tersebut sudah cukup populer, akan ada orang yang menjawab pertanyaan Anda.

Di Indonesia sendiri, kota-kota yang cukup aman untuk wisatawan antara lain Yogyakarta, Solo, Bandung, Bali, Lombok, dan Flores. Sedangkan untuk Anda yang berencana liburan ke luar negeri, negara-negara seperti Denmark, Swedia, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan Islandia termasuk negara yang aman dikunjungi.

2. Bawa Money Belt
Money belt berbeda dengan tas pinggang. Bentuknya lebih tipis dan tahan air. Money belt biasanya digunakan di dalam pakaian dan menempel di perut. Anda bisa membeli money belt terbaik dengan bahan yang nyaman digunakan dan pengaman yang tidak mudah copot. Sebaliknya, hindari menggunakan tas pinggang atau menggunakan money belt di luar pakaian. Sebab, itu justru akan mengundang pencuri mengetahui di mana letak barang berharga Anda.

3. Cari Tahu Reputasi Penginapan
Penting bagi wisatawan khususnya backpacker untuk mencari tahu reputasi tempat menginap. Biasanya di situs booking hotel atau perjalanan, terdapat banyak ulasan dari wisatawan yang pernah menginap. Jika Anda berencana menginap di hostel, ingat untuk selalu memasukkan barang-barang berharga di loker terutama saat sedang meninggalkan kamar. Hostel-hostel saat ini hampir semuanya sudah dilengkapi loker.

4. Jangan Simpan Uang di Satu Tempat
Pastikan untuk tidak menyimpan semua uang Anda dalam satu tempat. Simpan sebagian uang di lokasi tersembunyi, tidak sulit diambil dan nyaman untuk Anda. Anda bisa menyimpan uang di saku jaket bagian dalam atau saku celana di bagian depan yang cukup dalam.

5. Jangan Tampil Mencolok
Meskipun Anda seorang wisatawan, namun usahakan untuk tidak mencolok, cukup tampil sederhana saja, seperti tidak menggunakan perhiasan atau barang-barang mahal lainnya. Usahakan juga untuk tidak terlihat seperti orang bingung saat datang ke suatu tempat. Selalu siaga, baik tindakan maupun ekspresi wajah. Satu lagi, jangan mudah menerima tawaran mencurigakan dari orang asing.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration