< Technology

6 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Diinstal

6 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Diinstal

Technology

Semakin banyaknya aplikasi berbasis photo sharing, seperti Instagram, dan Snapchat, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat menampilkan foto terbaik mereka. Sementara itu, fitur kamera bawaan dari smartphone juga semakin meningkat kualitasnya.

Namun, semua itu belum lengkap tanpa adanya bantuan dari aplikasi edit foto yang dapat menyempurnakan hasil jepretan. Setidaknya, ada enam aplikasi edit foto yang harus diinstal karena kualitas editing-nya patut diacungi jempol. Apa sajakah itu? Berikut rangkumannya.

1. VSCO
VSCO memulai debutnya sebagai aplikasi edit foto berbayar, kemudian mulai masuk ke ranah aplikasi fotografi gratis sejak akhir 2013. VSCO menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik, di iOS maupun Android.

Tampilannya yang modern membuat para penyuka fotografi merasa nyaman menggunakan aplikasi ini. Selain itu, cara penggunaan VSCO juga cukup mudah.

Fitur pengeditan di VSCO antara lain, penerangan, kontras, saturasi, crop, rotate, dan shadow. Filter-nya yang terkesan lembut dan tenang menjadi salah satu ciri khas aplikasi yang digilai kalangan hipster ini.

Tidak ada ide untuk edit foto? Anda bisa melihat Jurnal VSCO untuk mendapatkan inspirasi kreatif, dan tutorial secara gratis. Puas dengan hasil editan, Anda juga dapat langsung membagikan foto tersebut ke akun media sosial Anda, seperti Instagram, Facebook, ataupun Twitter.

2. Snapseed
Snapseed adalah aplikasi photo editing buatan Google. Kalau sudah bicara nama “Google” pasti sudah tidak perlu lagi meragukan kemampuannya. Aplikasi ini menyediakan 25 tools menarik untuk mengubah foto menjadi lebih indah. Fitur utama untuk editing, antara lain color grading, filtering, brush, dan HDR (High Dynamic Range).

Tak hanya itu saja, Snapseed juga dapat menghasilkan efek bokeh (fokus di satu titik dan selebihnya blur) yang baik meski tak sebagus hasil kamera DSLR. Hasil editan pun bisa langsung disimpan secara online (cloud) di Google Drive atau Dropbox.

3. Lightroom
Lightroom adalah salah satu layanan edit foto terbaik dari Adobe. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengedit, mengatur, serta berbagi gambar langsung dari aplikasi ke media sosial para pengguna dengan cara yang mudah.

Adobe Lightroom juga memiliki fitur retouch seperti Photoshop, yakni Spot Removal dan Adjusment Brush dengan kemampuan yang lebih baik. Tools tersebut efektif untuk membersihkan bintik-bintik dan jerawat pada wajah.

4. Afterlight
Bisa dibilang aplikasi ini dilengkapi dengan semua kemampuan edit foto yang Anda harapkan. Setidaknya terdapat 59 filter yang ditawarkan, termasuk filter original Afterlight, dan juga filter Seasonal Pack yang dapat memberikan sentuhan ketepatan cahaya untuk foto Anda. Jika Anda termasuk yang tidak begitu tertarik dengan filter foto, Afterlight akan membantu Anda dengan 66 tekstur dari film zaman dulu yang akan memberikan efek unik pada foto Anda, seperti debu dan pudaran cahaya.

5. PicsArt
PicsArt adalah aplikasi edit foto yang mengusung fitur pengeditan yang sudah hadir di PC. Tampilan antar mukanya sederhana dan ringan. Anda bisa mengedit foto secara gratis dengan sejumlah fitur yang oke punya, seperti Picture Editor, Magic Effects, Draw, Camera, dan Sharing.

6. Canva

Terakhir ada Canva, aplikasi edit foto pendatang baru dengan tampilan antar muka yang tak kalah sederhana sehingga memudahkan Anda dalam mengedit foto atau membuat sebuah desain. Mengusung prinsip 'drag and drop', Canva yang tersedia secara cuma-cuma pada perangkat Android ini dilengkapi dengan puluhan filter menarik untuk menyesuaikan kontras, kecerahan dan filter lainnya. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi Canva di komputer melalui link berikut ini https://www.canva.com/id_id/fitur/edit-foto/ . 

Lebih dari 60.000 template yang disediakan oleh Canva juga memudahkan Anda untuk membuat kartu ucapan, undangan, meme, pamflet, LinkedIn Banner, Google+ Header, Facebook Cover bahkan YouTube Thumbnail dalam waktu singkat. Hasil editnya dapat Anda bagikan secara langsung ke berbagai akun sosial media favorit Anda. Kini, tak perlu perangkat lunak yang rumit untuk membuat foto dan berbagai desain grafis ciamik di mana saja dan kapan saja.