< Marketing

6 Cara Agar Bisnis E-Commerce Anda Berhasil

6 Cara Agar Bisnis E-Commerce Anda Berhasil

Marketing

Bisnis online atau dikenal juga dengan e-commerce merupakan bisnis yang sedang booming belakangan ini. Bahkan di Indonesia sendiri semakin banyak bisnis online yang menjamur karena bisnis ini menjanjikan dan memberikan banyak pemasukan bagi pemiliknya. Berikut ini ada 6 cara buat Anda yang sudah memiliki online shop dan ingin mengembangkannya agar berhasil. Check this out!

1. Have an Original Idea
Ya! Dalam membangun suatu bisnis online Anda harus mempunyai ide yang asli. Akan menjadi sebuah nilai plus apabila Anda memiliki keunikan tersendiri. Untuk memulai bisnis e-commerce, bisa dimulai dari hobi atau kesukaan Anda. Misalnya, Anda suka bersepeda atau berlari, Anda bisa mulai menjual berbagai macam perlengkapan bersepeda dan berlari mulai dari baju, sepatu, hingga perlengkapan maupun peralatan bersepeda.

2. Make Analysis
Langkah kedua adalah menganalisis produk yang Anda jual. Caranya, cari tahu apa yang bisa dijual dari produk yang Anda tawarkan? Lakukanlah penelitian produk apa yang bisa Anda jual, let's say kalau Anda hobi berolahraga. Misalnya, kalau Anda suka olahraga lari, Anda bisa menjual berbagai produk baju lari yang keren dengan harga yang terjangkau. Pastinya itu akan menarik pelanggan.

3. Make Actions
Jalani dan lakukan tindakan apa yang sudah direncanakan dan diprogramkan untuk kelangsungan bisnis e-commerce Anda. Do your best dan yakinkan diri bahwa Anda sudah mantap dengan pilihan Anda. Terapkanlah dengan benar langkah-langkah yang sudah Anda susun dan rencanakan sebelumnya.

4. Promote Through Advertising
Tentunya Anda tidak bisa hanya melakukan bisnis online tanpa disertai adanya promosi. Bagaimana cara mempromosikan bisnis online secara tepat? Langkah awal, lakukanlah promosi melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan Google. Atau Anda dapat meng-hire ahli digital marketing. Mereka akan membantu Anda untuk mempromosikan produk melalui media sosial dan advertising placement. Tak hanya itu, mereka juga akan mendatangkan traffic ke website Anda lho.

5. References
Untuk mendirikan bisnis online, tentunya Anda juga diwajibkan untuk memiliki kantor, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat website, beserta alamat email. Ini semua ditujukan untuk menunjang usaha Anda sekaligus membuat orang percaya bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang serius. Bukan bisnis abal-abal. Dengan adanya referensi ini, at least Anda dapat berkomunikasi bersama pelanggan dengan mudah dan pelanggan pun percaya dengan usaha Anda.

6. Repeat Order
Ini dia poin yang harus diperhatikan dan penting! Kepercayaan adalah modal penting dalam proses usaha di bidang e-commerce. Tentunya untuk membangun kepercayaan klien tidaklah mudah. Oleh karena itu, repeat order harus dijaga karena berkaitan erat dengan loyalitas pelanggan.

Dengan melakukan pengontrolan repeat order, pelanggan tidak dikecewakan oleh bisnis yang Anda kelola. Meningkatkan mutu dan pelayanan yang baik sangatlah diperlukan dalam semua bisnis, terutama bisnis online. Selamat mencoba dan semoga berhasil!