< Tips

6 Cara Membuat Diri Anda Nyaman di Tempat Kerja

6 Cara Membuat Diri Anda Nyaman di Tempat Kerja

Tips

Bagi sebagian orang, bekerja di tempat yang penuh tantangan dan persaingan kadang menimbulkan banyak pikiran dan stres. Hal seperti inilah yang akhirnya membuat kita putus asa dan ingin mundur.

Bila kita menekuni pekerjaan dengan hati yang senang, pasti semuanya akan berjalan dengan lancar. Nah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat diri Anda tetap merasa nyaman dan bahagia dengan pekerjaan Anda. Apa sajakah itu? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Jadi Diri Sendiri
Meski Anda dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja, namun bukan berarti Anda harus menjadi orang lain. Tetaplah menjadi diri sendiri agar Anda bisa lebih menikmati pekerjaan yang Anda miliki. 

2. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain
Kemampuan orang dalam berprestasi di tempat kerja pastinya berbeda-beda. Jika memang ada orang lain di tempat kerja Anda yang memiliki kemampuan di atas Anda, jangan sampai hal tersebut menjadi penghambat dengan membandingkan hasil kerja Anda dengan orang tersebut. Tetaplah percaya diri dengan kemampuan diri sendiri dan lakukan semaksimal yang Anda bisa.

3. Jangan Memaksakan Diri
Bekerja keras memang perlu diterapkan di dunia kerja. Namun, itu bukan berarti melupakan waktu beristirahat. Cobalah untuk lebih santai dan memberikan diri Anda waktu untuk rehat sejenak dari segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Mulailah memberikan penghargaan atau hadiah kecil untuk diri sendiri. Sebuah studi mengatakan bahwa penghargaan kecil dapat membuat orang menjadi lebih murah hati, ramah, dan bahagia.

4. Jangan Mengeluh di Tempat Kerja
Menurut sebuah studi, pegawai yang menyenangkan jarang mengeluh di kantor. Itulah yang membuat dirinya selalu melakukan pencapaian-pencapaian hebat. Orang-orang seperti ini biasanya memiliki target dalam bekerja, dan fokus bekerja tanpa mengeluh untuk mencapainya.

5. Saling Membantu
Coba luangkan sedikit waktu Anda untuk membantu rekan kerja Anda yang sedang dalam kesulitan. Dalam studi di Harvard, karyawan yang membantu orang lain, sepuluh kali lebih mungkin untuk fokus dengan pekerjaan. Selain itu, ada kemungkinan 40% untuk naik jabatan.

Namun, jangan sampai Anda melakukan kebaikan ini karena ada hal yang Anda inginkan di baliknya. Lakukanlah dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun!

6. Jauhi Orang Bersifat Negatif
Di setiap kondisi apapun, pasti kita akan menemukan orang seperti ini. Hindarilah orang yang senang mengadu domba atau menghasut satu sama lain. Jagalah jarak dengan orang tersebut, dan ketahuilah posisi Anda sendiri. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman dengan pekerjaan, hanya karena orang tersebut berhasil membuat Anda terpuruk. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda!