< Tips

6 Cara Mencuci Sneakers yang Benar

6 Cara Mencuci Sneakers yang Benar

Tips

Mencuci sepatu sneakers bukanlah perkara mudah. Tidak seperti mencuci baju yang hanya tinggal dimasukkan ke air sabun, kucek, dan bilas. Mencuci sepatu bertali ini membutuhkan cara khusus.

Salah mencuci malah membuat sneakers Anda tidak bersih, dan warnanya cepat memudar, bahkan terkadang bisa membuat ukurannya menciut. Tentunya Anda tak ingin sneakers kesayangan Anda bernasib sepert itu, bukan? Agar tidak salah kaprah saat mencuci sneakers, simak tipsnya berikut ini!

1. Lepas Tali Sepatu
Sebelum mencuci, pastikan tali sepatu sudah Anda lepas. Tujuannya adalah supaya Anda bisa menjangkau sisi-sisi sepatu yang tertutup tali. Anda juga bisa leluasa mencuci tali sepatu tersebut.

2. Sikat Sepatu dalam Kondisi Kering
Gunakan sikat yang lembut dan pastikan sepatu dalam kondisi kering. Debu dan kotoran kering yang menempel di sepatu pun bisa lenyap dengan mudah. Jika Anda langsung membasahi sepatu, kotoran justru akan lebih dalam menempel di permukaan sepatu sehingga membuatnya semakin sulit dibersihkan.

3. Buat Cairan Pembersih
Ambil semangkuk air hangat dan aduk bersama beberapa tetes sabun mandi atau detergen lembut. Gunakan sikat gigi bekas, masukkan ke dalam cairan tersebut dan mulailah menyikat sepatu. Terutama pada bagian selain kanvas, jika sneakers Anda adalah sneakers berbahan kanvas.

4. Gunakan Sikat yang Lebih Lembut untuk Sneakers Kanvas
Bahan kanvas memerlukan sikat yang lebih lembut. Menyikat terlalu keras atau dengan sikat yang kasar dapat membuat kanvas cepat pudar dan rusak.

5. Keringkan dengan Handuk Microfiber
Setelah disikat, keringkan dengan handuk berbahan microfiber. Bahan ini dapat menyerap kotoran yang belum hilang meski sudah disikat. Anda bisa sedikit memberikan tekanan menggunakan jari untuk mengeringkannya.

6. Biarkan Kering
Kesalahan terbesar yang sering dilakukan saat mencuci sneakers adalah mengeringkannya dengan hairdryer. Cara terbaik mengeringkan sneakers adalah dengan cara mengangin-anginkannya di ruangan. Selamat mencoba!