< Tips

6 Cara Menghilangkan Grogi Menjelang Presentasi

6 Cara Menghilangkan Grogi Menjelang Presentasi

Tips

Apabila dunia pekerjaan yang Anda geluti mengharuskan Anda untuk melakukan presentasi dari waktu ke waktu, pastinya perasaan grogi sering muncul sebelum presentasi dimulai. Agar rasa grogi itu tidak ‘menjangkiti’ Anda terus menerus, ada 6 cara untuk menghilangkannya.

1. Positive Thinking
Sebelum memulai presentasi, berpikirlah secara positif. Dengan membentuk mindset yang positif, otomatis akan membuahkan pikiran terbaik. Berpikir secara positif juga membantu Anda lebih percaya diri. Tak hanya itu, dengan memiliki energi positif jangan heran orang-orang atau atasan akan memberikan respon yang positif kepada Anda. So be positive thinking!

2. Prepare for the Worst Case
Mempersiapkan keadaan dalam keadaan yang terburuk merupakan salah satu hal yang harus diperhitungkan. Misalnya, menempatkan diri Anda ketika dihadapi pertanyaan-pertanyaan tak terduga dari klien. Nah, Anda harus mengantisipasi, mempersiapkan diri, dan memikirkan solusinya sebelum melakukan presentasi. Dengan mempersiapkan cara untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka Anda akan terhindar dari hal yang terburuk.

3. Prepare Small Things
Persiapkanlah hal-hal kecil, karena akan memengaruhi cara Anda menyampaikan presentasi kepada klien atau audience. Sebagai salah satu contoh, apabila Anda tipe orang yang tidak dapat mempresentasikan tanpa adanya catatan kecil. Tulislah pada secarik kertas kata-kata kunci yang bisa membantu Anda melakukan presentasi dengan lancar.

Bagaimana cara menghadapi perasaan gugup dan panik pada saat semua orang menatap Anda saat sedang melakukan presentasi? Fokuslah pada satu titik atau satu orang sata sedang melakukan presentasi, sehingga tidak merasa seperti yang dihujani pandangan yang tertuju ke arah Anda. Intinya persiapkanlah hal-hal kecil sebaik mungkin, maka Anda akan menemukan zona nyaman ketika melakukan presentasi.

4. Practice Makes Better and Better
Agar presentasi sukses, cobalah jangan menghafal isi presentasi, melainkan kuasai dan pahamilah materi presentasi. Dengan memahami isi presentasi, otomatis Anda akan lebih mudah menjelaskan isi dari presentasi yang dimaksud kepada klien maupun atasan.

Sedikit saran, ketika Anda sedang berlatih jangan lupa untuk menyempurnakan bagian pembukaan. Apabila Anda memulai dengan baik, maka sisanya akan terasa lebih mudah. Tidak ada salahnya berlatih di depan keluarga atau teman-teman untuk membangun persiapan dan mental Anda.

5. It’s Okay to be Not Perfect
Siapa yang tidak ingin melakukan segala sesuatunya dengan sempurna dan sebaik mungkin? Terkadang ada kalanya seseorang melakukan kesalahan dan hal tersebut sangatlah wajar dan manusiawi. Semisal, jika Anda salah menyebutkan atau mengucapkan sesuatu yang salah saat melakukan presentasi, audiens akan dengan mudah mengetahui kesalahan yang Anda lakukan dari reaksi Anda terhadap kesalahan tersebut.

Maka dari itu, tetaplah tenang dan jangan terburu panik dulu. Karena jika Anda panik saat melakukan kesalahan, maka audiens akan langsung mengetahui seberapa besar kesalahan yang telah Anda lakukan. Jadi, tetaplah tenang dan tutupilah dengan sedikit humor agar suasana tidak menjadi tegang.

6. Trick Your Body
Untuk mengurangi perasaan gugup dan panik menjelang presentasi, tariklah nafas dalam-dalam melalui hidung dan lepaskanlah dari mulut. Contoh, tarik nafas dalam-dalam selama 4 detik, lalu tahan selama 7 detik, kemudian lepaskan dari mulut selama 8 detik. Selain itu, olahraga ringan juga dapat membantu Anda dari ketegangan menjelang presentasi.

Sebaiknya lakukanlah olahraga sehari sebelum presentasi karena olahraga akan meningkatkan hormon endorphine yang dapat membantu mengurangi rasa panik. Terakhir, don’t forget to smile. Ya, senyum juga membuat Anda lebih santai dan terlihat percaya diri. Good luck with your presentation!