< Tips

6 Cara Menghindari Cyber Crime

6 Cara Menghindari Cyber Crime

Tips

Kini kejahatan pun bisa menghantui Anda di dunia maya. Tindak kejahatan di dunia maya ini dikenal dengan sebutan cyber crime. Untuk menjaga diri dari kejahatan di era perkembangan teknologi ini, Google, Symantec, dan Norton memberikan 6 tips untuk menghindarinya. Simak di artikel berikut!

1. Gunakan Password dengan Kekuatan yang Tinggi
Bukan berarti akun Anda telah aman walaupun telah memiliki password. Hindari menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir. Google mengatakan password yang kuat terdiri dari huruf, angka, dan juga simbol. Namun, perlu diperhatikan juga agar membuat password kuat yang mudah diingat. Anda juga disarankan untuk mengganti password secara berkala agar akun Anda tetap terhindar dari para peretas atau hacker.  

2. Hindari Gunakan Password yang Sama
Bila seorang hacker berhasil menebak password pada satu akun Anda, maka ia pun dapat dengan mudah mengakses akun Anda yang lainnya karena password yang sama. Karena itu, sebaiknya Anda memiliki password yang berbeda untuk setiap akun. Jika Anda takut lupa, tulislah password Anda di sebuah kertas yang orang lain tidak akan tahu bahwa kertas tersebut berisi password Anda. 

3. Aktifkan Sistem Autentikasi
Sistem autentikasi yang dimaksud di sini adalah sistem yang ditawarkan seperti Gmail dari Google. Yakni ketika Anda memasukkan password, akan ada notifikasi di smartphone Anda untuk verifikasi log in ke akun Anda. Dengan ini jika ada yang ingin mencoba log in ke akun Anda secara diam-diam, dapat terkontrol melalui sistem autentikasi. Kini sistem ini juga berlaku di perbankan, sebaiknya aktifkan sistem ini agar akun Anda lebih aman. 

4. Hindari Link yang Tidak Jelas Sumbernya
Saat ini banyak link yang dibagikan dalam bentuk berita maupun konten lainnya di berbagai media sosial dan juga e-mail. Tak jarang link tersebut menggunakan judul yang menarik agar orang yang melihatnya merasa tertarik untuk meng-klik. Padahal link tersebut berasal dari sumber yang tidak jelas. Hindari meng-klik link tersebut karena bisa saja para pelaku cyber crime mengirimkan link berbahaya. Kecuali Anda benar-benar yakin bahwa link tersebut berasal dari situs atau sumber yang bisa dipercaya. 

5. Perhatikan Persyaratan Aplikasi
Saat Anda ingin mengunduh sebuah aplikasi ke smartphone atau menggunakan aplikasi tambahan pada browser maupun media sosial Anda, perhatikan persyaratan yang diminta oleh aplikasi tersebut. Apakah aplikasi meminta izin untuk mengakses akun Anda dari jarak jauh ataupun ingin mengakses informasi pribadi Anda? Jika iya, matikan fitur tersebut jika bisa, kalau tidak bisa hindari menggunakan aplikasi tersebut agar informasi dan akun Anda tetap aman.

6. Jangan Mudah Percaya
Ketika mendapat e-mail yang mengharuskan Anda untuk melakukan hal-hal tertentu, berhati-hatilah dan cek ulang sumber ­pengirimnya. Abaikan jika Anda merasa curiga dengan e-mail tersebut. Tak hanya di e-mail, Anda juga sebaiknya tidak mudah percaya dengan pesan-pesan ataupun informasi yang tidak masuk akal yang ada di media sosial.