< Tips

6 Cara Meningkatkan Memori Otak

6 Cara Meningkatkan Memori Otak

Tips

Otak merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling penting. Organ tubuh yang satu ini digunakan untuk berpikir dan juga mampu melahirkan sebuah ide yang brilliant. Namun perlu Anda ketahui, ternyata otak juga suka mengalami kelelahan lho. Supaya cara kerja otak tidak menurun, ada 6 tips yang bisa Anda latih untuk meningkatkan memori otak. Bagaimana caranya? Keep reading this article.

1. Membatasi Diri, Jangan Multitasking
Memiliki kemampuan multitasking memang luar biasa. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa apabila Anda mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu (multitasking) akan mengurangi produktivitas mental Anda. Hal ini dapat menyebabkan otak kelelahan, alhasil Anda menjadi stres karena pekerjaan yang overloaded. Jadi, pertimbangkan kembali jika Anda hendak melakukan multitasking. Sebaiknya kenalilah batas kemampuan Anda dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Lebih baik fokus dengan satu perkerjaan sehingga hasilnya pun akan maksimal.

2. Istirahat Cukup
Pastikan Anda tidur yang cukup. Manusia membutuhkan waktu tidur antara 7-8 jam sehari untuk mengistirahatkan fisik maupun otak. Kurangnya istirahat akan memicu penurunan kinerja otak lho. Pastikan Anda tidur yang cukup supaya Anda bangun dengan kondisi fisik yang segar dan siap berkativitas kembali.

3. Olahraga Secara Rutin
Olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Lakukanlah olahraga selama 30-45 menit sehari selama 3-4 kali dalam seminggu. Sebut saja berlari mengelilingi komplek rumah, aerobic, bersepeda, atau lakukan kegiatan olahraga yang Anda sukai. Selain badan lebih fresh dan fit, hal ini juga berguna untuk meningkatkan daya konsentrasi maupun kinerja otak.

4. Membangun Pesan Bottom-Line
Sempatkanlah diri Anda untuk melakukan refreshing, seperti traveling, menonton televisi, membaca, atau mungkin sekedar jalan-jalan ke mall. Dengan melakukan kegiatan ini, Anda akan terinspirasi dengan apa yang Anda lihat. Sehingga hal ini akan membuat otak terangsang untuk berpikir secara kreatif. So, don’t be surprised if you become more creative than before after you have a recreation!

5. Fokus Pada Tugas-Tugas Penting
Kefokusan sangat diperlukan saat sedang mengerjakan hal-hal yang bersifat prioritas. Oleh karena itu, saat sedang mengerjakan pekerjaan yang penting jauhkan diri Anda dari smartphone serta hal-hal lain yang akan mengalihkan perhatian Anda. Dengan demikian otak dapat berfungsi secara maksimal.

6. Tetap Termotivasi
Pastikan Anda memiliki motivasi. Apapun bentuknya. Membangun motivasi bisa dimulai dengan membuat tujuan dan target yang ingin dicapai dalam jangka waktu dekat. Karena dengan memiliki motivasi akan meningkatkan semangat serta gairah seseorang untuk mempelajari berbagai hal. So, keep motivated!