Wednesday, November 13, 2019
Bisnis
Bisnis

6 Cara Promosi Meski Dana Minim

Spectr News Theme Isny Dewi R.
23, July 2019
549

Aktivitas pemasaran menjadi salah satu poin penting dan dibutuhkan dalam berbisnis. Pemasaran yang tepat akan membantu bisnis Anda berkembang, dan mendulang hasil maksimal. Jadi wajar, jika sebagian besar bisnis memiliki anggaran dan strategi tertentu untuk pemasaran.

Apapun jenis bisnis yang dijalankan saat ini, Anda harus dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran atau marketing dengan tepat. Hal ini penting, terutama bagi Anda yang masih dalam tahap membangun bisnis. Pada dasarnya, kegiatan pemasaran tidak selalu identik dengan biaya mahal, mengingat saat ini ada banyak sarana yang dapat membantu Anda melancarkan aktivitas pemasaran tanpa harus menggelontorkan banyak dana. Berikut cara promosi yang ampuh meski dana yang Anda miliki minim dikutip dari Cermati.com.

1. Membangun Personal Branding Bisnis
Saat ini, ada banyak media sosial yang memungkinkan Anda menjangkau jaringan yang lebih luas. Anda bisa membuat konten atau merangkai kata-kata yang tepat dan menjual. Sehingga orang-orang tertarik membacanya. Jual lah keahlian atau produk Anda dengan menggunakan kata-kata profesional, agar Anda bisa dilihat sebagai pribadi yang dapat dipercaya. Selain mudah, langkah ini bisa Anda lakukan tanpa biaya.

2. Membuat Content Marketing
Jika bisnis Anda memiliki blog atau bahkan situs resmi, maka Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan memaksimalkan blog atau situs tersebut. Anda bisa mengisinya dengan berbagai konten marketing yang masih berhubungan dengan bisnis Anda.

Usahakan membuat konten yang berguna atau bahkan sedang banyak dicari saat ini. Pahami dengan baik perilaku konsumen Anda, dan berusalah untuk menyenangkan mereka melalui konten yang tersaji di blog atau situs web bisnis Anda.

3. Siaran Pers atau Fitur Berita
Strategi pemasaran satu ini sangat ideal bagi Anda yang memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan media. Dengan memberikan siaran pers, mereka akan memanfaatkannya untuk dijadikan artikel di media mereka dan dikenal secara luas oleh para pembaca media tersebut.

4. Promosi Melalui E-mail Marketing
Hingga saat ini, e-mail marketing masih menjadi salah satu strategi pemasaran favorit. Langkah ini terbilang efektif, terutama jika Anda bisa mendapatkan daftar email orang-orang yang sesuai dengan bisnis Anda. Tak hanya pebisnis pemula, bahkan hampir semua bisnis berskala besar juga memanfaatkan langkah ini untuk menggaet lebih banyak konsumen.

5. Gunakan Artikel SEO
Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini semakin banyak fitur di dunia maya yang dapat membantu menyukseskan bisnis Anda. Salah satunya adalah SEO (Search Engine Optimization). Cobalah untuk menggunakan metode ini di dalam bisnis Anda. Bidik kata kunci yang tepat dan sesuai. Lalu, buatlah konten yang berkualitas dengan menggunakan SEO, sehingga bisnis Anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari.

6. Manfaatkan Media Sosial
Media sosial kini menjadi jurus baru dalam hal pemasaran. Jadi, jangan sampai Anda tidak memanfaatkannya dengan maksimal. Buatlah akun media sosial professional yang berisi beragam konten yang bermanfaat untuk bisnis Anda dan konsumen. Jangan lupa untuk sering-sering berinteraksi dengan para pengikut bisnis Anda di media sosial, dengan demikian akan tercipta komunikasi yang baik antara Anda sebagai pemilik bisnis dengan pelanggan Anda. Bukan tak mungkin mereka akan dengan senang hati menggunakan jasa atau produk Anda, karena adanya komunikasi yang baik.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration