< Tips

6 Cara Simpel Agar Tidur Lebih Berkualitas

6 Cara Simpel Agar Tidur Lebih Berkualitas

Tips

Sebagian orang suka merasakan susah tidur di malam hari. Padahal tidur merupakan salah satu hal penting untuk mengembalikan energi yang sudah terpakai untuk melakukan berbagai aktivitas dalam satu hari. Kalau Anda salah satunya, coba ikuti 6 cara simpel di bawah ini agar tidur menjadi berkualitas. Check it out!

 

1. Disiplin Soal Jadwal Tidur
Para ahli menyarankan agar orang dewasa tidur selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Dengan memiliki waktu tidur yang teratur setiap harinya, tubuh akan terbiasa dengan siklus tersebut. Biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, termasuk pada hari libur. Karena tidur lebih dari 8 jam atau terlalu lama juga kurang sehat. Jika Anda masih merasa susah tidur, coba bangun sejenak untuk melakukan hal-hal yang menenangkan seperti mendengarkan musik atau membaca buku.

 

2. Batasi Waktu Tidur Siang
Jika Anda merasa mengantuk di siang hari, usahakan agar tidak tidur siang terlalu lama. Paling tidak maksimal selama 30 menit saja. Tidur siang yang terlalu lama akan mengganggu jadwal tidur Anda pada malam hari dan bisa membuat Anda lebih terjaga. Kalau merasa mengantuk di sore hari, cobalah untuk menahan rasa kantuk tersebut agar Anda bisa tidur lebih cepat di malam hari.

 
Photo source: http://www.wikimedia.org

3. Perhatikan Apa yang Dikonsumsi
Makanan atau minuman yang Anda konsumsi juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Hindari mengonsumsi nikotin, kafein, dan alkohol menjelang waktu tidur. Sebagian orang percaya bahwa alkohol bisa membuat tubuh lebih cepat mengantuk, namun alkohol juga bisa membuat tidur Anda tidak nyenyak. Tidur saat perut lapar atau terlalu kenyang juga akan mengganggu kualitas tidur Anda. Perut yang terlalu penuh akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat tidur.

 

4. Ciptakan Mood yang Baik
Menjelang tidur, usahakan mood Anda dalam keadaan baik. Hindari perasaan khawatir atau pikiran yang terlalu menumpuk. Cobalah untuk rileks dan simpan dahulu segala mood yang kurang baik untuk esok harinya. Fokuskan pikiran untuk tidur nyenyak dan Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.


Photo source: http://www.pixabay.com

5. Buat Suasana Kamar Menjadi Nyaman
Kamar tidur yang nyaman tentunya akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Apakah Anda termasuk orang yang suka tidur dalam keadaan gelap atau terang? Apapun itu, sesuaikan dengan tingkat kenyamanan Anda. Usahakan juga agar Anda mengurangi paparan radiasi dari televisi atau gadget karena hal ini juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

 

6. Rutin Beraktivitas Fisik
Aktivitas fisik yang rutin juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kualitas tidur Anda. Namun, aktivitas ini seharusnya dilakukan jauh sebelum menjelang waktu tidur. Jika terlalu banyak aktivitas fisik dilakukan menjelang waktu tidur, ini hanya akan mengganggu kualitas tidur Anda.