< Tips

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melalui Pemeriksaan Keamanan di Bandara

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melalui Pemeriksaan Keamanan di Bandara

Tips

Prosedur keamanan di bandara harus ditaati oleh siapapun yang hendak melakukan penerbangan. Demi kelancaran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda melalui tahap pemeriksaan keamanan di bandara. Selengkapnya bisa Anda baca di bawah ini.

1. Hindari Membawa Cairan Berlebihan
Khusus penerbangan internasional, jangan membawa cairan lebih dari 100 ml ke dalam kabin. Jika melebihi ketentuan tersebut, maka dapat dipastikan cairan tersebut akan disita oleh petugas keamanan bandara. Kecuali untuk obat-obatan dan susu bayi.

2. Siapkan Tiket dan Kartu Identitas
Sebelum masuk antrean, pegang tiket dan tanda pengenal Anda. Hal ini dilakukan agar Anda tidak perlu repot-repot mencarinya saat akan melalui proses pemeriksaan keamanan yang dilakukan di pintu terminal bandara.

3. Lepas Ikat Pinggang, Jaket, dan Jam Tangan
Bandara-bandara di Indonesia memiliki aturan untuk melepas ikat pinggang, jam tangan, dan jaket dari tubuh, saat hendak dilakukan pemeriksaan. Barang-barang tersebut nantinya akan diperiksa di mesin x-ray.

Jika Anda menggunakannya, lepaskan benda tersebut di luar antrean, agar tidak kerepotan dan mengganggu orang-orang yang sedang mengantre.

4. Pisahkan Barang Elektronik Berukuran Cukup Besar
Barang elektronik yang dimaksud di sini antara lain laptop, konsol permainan, kamera video, atau barang elektronik lainnya yang berukuran sama. Barang-barang ini perlu dikeluarkan dari tempatnya untuk diperiksa oleh pihak keamanan.

5. Jangan Gunakan Sandal
Lebih baik hindari menggunakan sandal untuk penerbangan internasional, daripada berurusan dengan rentetan pertanyaan dari pihak keamanan yang hanya akan memperpanjang waktu pemeriksaan. Karena di beberapa bandara di luar negeri memiliki peraturan yang cukup ketat mengenai cara berpakaian.

6. Jangan Membuat Keributan dengan Petugas Keamanan
Hindari berdebat dengan petugas keamanan bandara, sebab mereka memiliki wewenang untuk menahan Anda. Tentunya Anda tidak ingin, kan, ketinggalan pesawat apalagi karena ulah Anda sendiri? Jadi, taatilah selalu peraturan yang berlaku di bandara manapun itu, agar segala proses berjalan dengan lancar hingga Anda tiba di tempat tujuan.