< Tips

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan Agar Karier Sukses

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan Agar Karier Sukses

Tips

Secerdas apapun Anda jika tidak dapat menghilangkan kebiasaan buruk maka akan memberikan dampak negatif bagi kehidupan Anda, termasuk urusan karir. Anda tentu tidak ingin, kan, mendapatkan masalah atau bahkan kehilangan pekerjaan hanya karena kebiasaan buruk yang masih sering Anda lakukan di tempat kerja? Untuk itu, ketahuilah enam kebiasaan buruk yang dapat menghambat kesuksesan karir Anda berikut ini.

1. Mengumbar Janji
Anda tidak perlu menjanjikan sesuatu kepada rekan kerja, atasan, ataupun klien. Karena jika Anda tidak dapat menepatinya, mereka bisa saja tidak lagi mempercayai Anda. Bersikaplah realistis mengenai hasil yang bisa Anda berikan, sehingga akan menjadikan Anda pekerja yang profesional.

2. Berbuat Curang
Ingin tampil baik di depan atasan, bukan berarti Anda dapat menghalalkan segala macam cara. Jangan pernah mencoba berbuat curang untuk mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan. Bukan tak mungkin Anda akan kehilangan pekerjaan jika sewaktu-waktu perusahaan mengetahui kecurangan yang telah Anda lakukan.

3. Temperamental
Orang yang memiliki sifat temperamental biasanya mudah marah saat sedang menghadapi masalah. Jika Anda termasuk orang yang memiliki sifat tersebut, mulailah belajar untuk dapat mengontrol emosi. Karena banyak yang tidak menyukai orang dengan sifat temperamental.

4. Suka Bergosip
Menceritakan kehidupan orang lain di belakang mereka meskipun itu teman Anda sendiri adalah suatu kebiasaan buruk. Hal ini bisa menimbulkan perselisihan dan masalah yang besar jika orang yang Anda bicarakan mengetahuinya. Anda juga akan dicap sebagai ‘biang gosip’ dan cenderung tidak disukai oleh rekan-rekan kerja Anda. Maka dari itu, segera hentikanlah kebiasaan buruk ini.

5. Tidak Dapat Mengontrol Mood
Ada saatnya Anda mendapatkan masalah entah itu dengan keluarga, sahabat, atau kekasih, yang membuat mood atau suasana hati Anda menjadi buruk. Namun, jangan biarkan Anda larut dalam suasana dan membuat Anda tidak dapat bekerja dengan maksimal. Sebab tidak semua orang dapat memahami apa yang Anda rasakan.

Pekerja profesional adalah dia yang tetap dapat bekerja dengan baik meski dalam suasana hati yang buruk sekalipun.

6. Sombong
Orang-orang seperti ini biasanya sangat tidak disukai di kantor. Anda tidak perlu menyombongkan hal besar yang telah Anda raih di depan karyawan lain. Biarkan saja mereka yang menilai pekerjaan dan keberhasilan yang sudah Anda capai.

Anda hanya cukup mensyukurinya dan tetap berusaha memberikan yang terbaik. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda!