< Technology

6 Manfaat Teknologi untuk Mendukung Ibadah Selama Ramadan

6 Manfaat Teknologi untuk Mendukung Ibadah Selama Ramadan

Technology

Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi semakin mempermudah kehidupan manusia dalam segala aspek, tak terkecuali untuk urusan beribadah. Seperti yang dilansir dari thinkwithgoogle.com, Asian Consumer Intelligence melakukan survei kepada 500 responden dan menambahkan sekitar 40 orang dari Indonesia dan Malaysia untuk mengetahui apa saja yang mereka lakukan selama bulan Ramadan.

Hasilnya pun cukup menarik, ditemukan fakta bahwa teknologi banyak membantu umat Muslim dalam menggabungkan kontrol diri dan ketekunan selama bulan Ramadan dengan kehidupan sehari-hari selama puasa. Berikut enam manfaat teknologi yang dapat dimanfaatkan umat Muslim selama Ramadan.

1. Sebagai Acuan untuk Waktu Ibadah
Sebanyak 61% orang Indonesia menggunakan aplikasi atau situs web untuk mengetahui waktu ibadah. Mereka menggunakan teknologi untuk membantu mereka mengetahui kapan waktunya beribadah saat sedang dalam perjalanan.

2. Meningkatkan Akses untuk Mendapatkan Informasi Keagamaan
Teknologi juga dapat membantu umat Muslim mengakses Alquran lebih mudah. Faktanya, tahun ini terdapat peningkatan sebesar 45% terhadap akses penelusuran terkait agama dibanding tahun lalu.

Di Indonesia, peningkatan ini terjadi pada dua minggu sebelum Ramadan, berlanjut selama satu bulan. Dan puncaknya biasanya akan terjadi pada satu minggu menjelang Idul Fitri.

3. Menemukan Ide untuk Menu Buka Puasa dan Sahur
Momen Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Maka tidak heran jika selama Ramadan, pencarian tentang menu buka puasa dan sahur banyak dicari. Nah, untuk ini kamu tidak perlu khawatir cukup cek vemale.com ya, karena setiap harinya akan ada resep baru yang dapat kamu coba.

4. Menyaksikan Video Ceramah Keagamaan
Saat Ramadan, pencarian di YouTube naik 40%. Saat Ramadan, pengguna internet lebih banyak mencari konten video yang berisi tentang keagamaan, seperti ceramah dari para ustaz yang bisa dilihat melalui YouTube membuat umat Muslim lebih khusyuk dalam beribadah selama Ramadan.

5. Mendapatkan Tiket untuk Mudik
Bagi masyarakat Indonesia, mudik bukanlah rutinitas yang hanya bisa dilakukan umat Muslim, tapi hampir semua agama. Jadi tidak mengherankan penjualan tiket saat menjelang musim lebaran terus meningkat, bahkan bisa habis dalam waktu singkat. Dengan teknologi semua masalah mudik dapat teratasi dengan lebih mudah.

6. Beramal Jadi Lebih Mudah
Di Indonesia, pertanyaan terkait zakat banyak dicari di internet. Dengan hadirnya teknologi, masalah ini pun dapat diselesaikan dengan mudah. Teknologi membantu Anda mengetahui tata cara yang tepat untuk beramal atau berapa jumlah uang atau barang yang dianjurkan untuk zakat fitrah.