< Fine Dining

6 Restoran Romantis untuk Dinner Date di Jakarta (Part 1)

6 Restoran Romantis untuk Dinner Date di Jakarta (Part 1)

Fine Dining

Makan malam romantis atau dinner date pasti menjadi salah satu agenda Anda bersama pasangan. Tak perlu jauh-jauh mencari tempat yang tepat untuk mewujudkannya. Karena di Jakarta ada banyak restoran bernuansa romantis yang sangat cocok untuk dinner date.

1. Hause of Rooftop
Makan dan minum 'cantik' di atas gedung tinggi kini sudah menjadi tren bagi masyarakat perkotaan. Tak heran, jika semakin banyak restoran yang berada di atas gedung pencakar langit bermunculan. Salah satunya yang menawarkan konsep tersebut adalah Hause of Rooftop.

Sesuai namanya, Hause of Rooftop bernuansa homey, yang akan membuat Anda senyaman berada di rumah sendiri dengan balkon yang luas. Masuk ke dalam, mata Anda akan dimanjakan dengan interior unik yang terpampang di seluruh sisi ruangan. Mulai dari frame sampai barang-barang vintage, seperti kipas angin dan mesin tik.

Menuju ke area outdoor-nya, beragam tanaman hias juga dipajang untuk menyejukkan mata. Semilir angin dan pemandangan gedung-gedung bertingkat, menjadi perpaduan yang pas untuk dinikmati bersama pasangan. Check in Jakarta menyarankan Anda datang ke restoran ini saat sore hari menjelang malam, agar dapat menikmati momen makan romantis dengan ditemani langit senja yang begitu syahdu.

 Photo Source: https://www.instagram.com/hauserooftop

Hause of Rooftop menyajikan hidangan Asia maupun Western. Anda bisa mencoba Spaghetti Champignons (Rp 95.000,-) yang disajikan dengan tambahan udang dan jamur dengan bumbu olio yang memberikan cita rasa pedas.

Sebelum pulang, jangan lupa untuk berfoto di restoran romantis di Jakarta ini, karena ada banyak spot menarik untuk dijadikan latar belakang foto Anda bersama pasangan.

Website: https://hausemade.com
Alamat: MD Place Building Lantai 6. Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Kuningan, Jakarta Selatan
No. Telp: (021) 2952 9852
E-mail: hola@hausemade.com
Instagram: @hauserooftop

2. Avec Moi
Tempat makan di Jakarta bernuansa romantis satu ini cukup mencuri perhatian dengan tulisan besar yang terpampang di bagian depannya.

Avec Moi merupakan restoran Perancis bergaya kasual dengan interior yang didesain modern chic, memberikan nuansa tenang dan romantis. Restoran ini terbagi menjadi 3 lantai. Lantai pertama dan kedua merupakan area makan, sedangkan lantai 3 berisi bar dan area merokok. Avec Moi menggunakan kelinci dengan telinga berupa sendok dan garpu sebagai logonya, karena itu di sebagian besar ruangan dihiasi oleh lukisan-lukisan dengan tema yang tidak jauh berbeda.

Salah satu menu yang harus Anda coba di sini adalah Mushroom Cappuccino with Foie Gras Tortellini (Rp 82.000,-). Mushroom soup yang tidak terlalu kental ini berisi tortellini dengan isian yang bisa dipilih sendiri, pumpkin atau foie gras. Check in Jakarta merekomendasikan Foie Gras dan dijamin Anda tidak akan menyesal. Tortellini dibuat begitu apik, teksturnya bagus dengan ketebalan pasta yang pas. Isiannya juga terbilang melimpah, memang cocok sebagai isian sup hangat bertekstur agak creamy.

 

Photo Source: https://www.instagram.com/avecmoirestaurant

Salade Avec Moi (Rp 65.000,-) juga menjadi salah satu menu pembuka yang patut dicicipi. Perpaduan rasa balsamic dengan sedikit rasa manis dan aroma nutty membuat salad ini terasa sangat lezat.

Untuk menu utamanya, Duck Leg Confit (Rp 145.000,-) bisa dijadikan pilihan. Dari segi presentasi memang terlihat biasa saja, namun Anda dijamin ketagihan begitu melahapnya.

Confit merupakan teknik memasak menggunakan lemak yang berasal dari daging itu sendiri setelah daging dibumbui, dibungkus rapat, dan disimpan dalam suhu dingin selama beberapa waktu.

Hasilnya tekstur daging di bagian luar menjadi renyah, sedangkan bagian dalamnya sangat empuk, juicy, dan memberikan aroma yang khas. Hidangan ini cukup mengenyangkan karena disajikan dengan mashed potato, serta grape dan tomato concasse yang lembut sebagai makanan pendampingnya.

Alamat: Jl. Teluk Betung No. 44, Kebon Melati, Menteng, Jakarta Pusat
No. Telp: 021 23951943
Jam Operasional: Minggu – Kamis: 10.00 – 00.00 WIB, Jumat & Sabtu: 10.00 – 01.00 WIB Instagram: @avecmoirestaurant

3. Segarra
Ingin makan malam romantis di pinggir pantai? Segarra jawabannya. Restoran di Jakarta satu ini bisa dibilang punya semuanya. Mulai suasana yang nyaman dan pastinya romantis, tempat yang aduhai, pelayanannya yang memuaskan, hingga makanannya yang menggoyang lidah.

Segarra sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti laut. Sesuai dengan namanya, Segarra Restaurant berada tepat di pinggir Pantai Ancol. Tempat ini juga memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin menggunakannya sebagai tempat pernikahan, pesta ulang tahun, dan acara lainnya. Dengan luas bangunan mencakup 727 m², Segarra dapat menampung hingga 1200 pengunjung.

Restoran ini menyuguhkan pemandangan laut lepas yang memukau, dan menyajikan berbagai jenis makanan khas Indonesia, western, dan yang lainnya, serta didukung area parkir yang luas.

Berada di sini, Anda tidak hanya akan dimanjakan oleh kuliner yang memanjakan lidah dan pemandangan yang memanjakan mata, tapi berbagai fasilitas juga dapat dinikmati. Sofa Orbit adalah salah satunya. Area untuk sofa ini berada di bibir pantai, sangat cocok untuk Anda dan pasangan yang ingin quality time sambil menikmati hidangan. Tak sampai di situ saja, ada juga Beach Bar yang menyediakan varian cocktail internasional dan minuman khas terbaik, serta pilihan premium liqeur dan liquor (minuman beralkohol). Bagi pengunjung yang ingin merasakan indahnya laut bisa duduk di area outdoor. Area luar ruangan ini akan menambah pilihan Anda untuk menikmati suasana yang berbeda bersama pasangan tercinta, membuat hubungan Anda semakin mesra.

 Photo Source: https://www.instagram.com/segarrajakarta

Lalu bagaimana dengan makanannya? Salah satu menu yang wajib dicoba di sini adalah Segarra Rib Eye. Menu yang satu ini berupa 200 gram daging bakar Amerika Serikat yang disajikan dengan mashed potato, saus teriyaki balsamic dan wasabi emulsi. Selain Segarra Rib Eye, menu yang tak kalah lezatnya adalah Chilli Crab. Sajian yang satu ini cocok bagi Anda penggemar kepiting. Terbuat dari 800-1000 gram kepiting, lengkap dengan saus pedas asam manis dan disajikan dengan roti mantau.

Alamat: Pantai Karnaval, Ancol Bay City, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara
No. Telp: (021) 64710101
Jadwal Operasional: Minggu – Kamis: 12.00 – 00.00 WIB
Instagram: @segarrajakarta

4. Skye
Jangan mengaku pecinta hang out kalau belum pernah meninggalkan jejak di tempat yang satu ini. Yup, Skye hadir tak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan akan tempat bersantai, tapi juga pengalaman nongkrong yang istimewa.

Berada di jantung ibu kota, tepatnya di atap Menara BCA, Skye menawarkan pemandangan langit kota Jakarta yang akan membuat Anda terkagum-kagum. Sore hari menjelang malam merupakan waktu terbaik untuk bisa menikmati city view di sini, yakni saat langit berwarna kemerahan, matahari mulai hilang di ufuk barat, dan lampu-lampu gedung serta jalan mulai bergantian menerangi kota.

Skye memiliki dua area utama. Keluar dari lift, berjalanlah ke sebelah kanan jika Anda ingin menikmati hidangan di area indoor. Interior di sini didominasi elemen kayu dan dinding bebatuan. Terdapat set meja dan kursi dari kayu, serta sofa bewarna biru langit yang menciptakan suasana tenang dan nyaman. Jika ingin sambil menikmati pemandangan kota, Anda bisa memilih duduk di deretan kursi yang berada tepat di pinggir jendela kaca.

Jika area indoor menawarkan suasana tenang dan elegan yang cocok untuk pertemuan bisnis atau mengobrol intim, lain halnya dengan area outdoor. Keluar dari lift melangkahlah ke sisi kiri dan Anda akan menjumpai panorama indah kota metropolitan. Tempat ini cocok bagi Anda yang hanya ingin bersantai sambil menyesap cocktail atau minuman lainnya yang tak kalah menyegarkan.

Photo Source: https://www.instagram.com/skye_56

Yang menjadi daya tarik dari area ini adalah mini pool yang terletak tepat di pinggir atap. Anda bisa duduk-duduk di kursi santai yang diletakkan di pinggir kolam, atau berdiri sambil berbincang-bincang santai ditemani pemandangan petang yang memanjakan mata.

Rasanya cukup untuk menjelaskan betapa asyiknya suasana makan di Skye, kini saatnya mengulas makanannya. Menu yang ditawarkan didominasi oleh makanan fusion, yang rasanya cukup sesuai dengan lidah orang Indonesia. Sebagai pembuka, Anda bisa mencoba makanan khas Meksiko, Seabass Taco. Roti tortilla dengan isian ikan serta taburan daun serai dan saus khusus, menghasilkan cita rasa yang eksotis.

Bagaimana dengan menu utamanya? Butterfish Tagine adalah salah satu menu yang tak boleh Anda lewatkan. Hidangan ini berisi tiga potong ikan butterfish yang dilumuri saus gurih dan dimakan bersama nasi ala Maroko dan sour cream. Tekstur nasi ini terbilang unik, berupa butiran bulat kecil berwarna kuning dan sedikit kenyal. Jika hanya memakan nasinya, mungkin rasanya sedikit aneh tapi begitu Anda mencampurnya bersama ikan dan sour cream, maka kenikmatan yang luar biasa akan Anda rasakan.

Website: https://www.ismaya.com/skye
Alamat: BCA Tower Lt. 56, Jl. M.H. Thamrin No. 1, Menteng, Jakarta Pusat
No. Telp: (021)23586996
Jadwal Operasional: Senin – Kamis: 16.00 – 01.00 WIB, Jumat: 16.00 – 02.00 WIB, Sabtu: 11.30 – 02.00 WIB, Minggu: 11.30 – 01.00 WIB
Instagram: @skye_56

5. Nusa Indonesian Gastronomy
Restoran satu ini menghadirkan nuansa romantis yang berasal dari bentuk bangunan kolonial yang apik, hasil relokasi.

Di Nusa Indonesia Gastronomy, teknik masak tradisional yang sudah lama ditinggal, berpadu dengan bahan pangan dan rempah artisan.

Set menu di sini terdiri atas pilihan 3 atau 5 hidangan, yaitu welcome drink, amuse-bouche, pre dessert, dan petit four. Sepenggal cerita akan Anda ketahui dari pelayan saat hidangan disajikan. Sebuah pengalaman gastronomi yang mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Deretan menu di Nusa mencakup jenis-jenis makanan yang mungkin belum akrab di telinga siapa saja yang tidak benar-benar memahami keanekaragaman hidangan Nusantara. Ada Gohu Udang dan Kohu-Kohu Tuna (Maluku Utara), Tuna Sambal Tempoyak, Karabu Dendeng, Teh Talua, dan Pisang Kapiak. Beberapa dari menu yang ditawarkan ada yang langsung dipelajari di tanah asalnya oleh sang pemilik.

 

Photo Source: https://www.instagram.com/nusagastronomy

Tak hanya itu saja, ada juga Sie Kameng, lamb curry Aceh dengan perpaduan 22 rempah, serta Ayam Lempah Kulat Pelawan, yang menggunakan jamur pelawan yang hanya tumbuh di Hutan Pelawan, Bangka. Kulat (jamur) Pelawan terbilang langka. Saking langkanya, harga yang ditawarkan bahkan mencapai jutaan rupiah per kilo. Meski begitu, teriring cita rasa gurih bersama karakter aromatik alami yang terasa pada jamur ini.

Website: http://nusagastronomy.com
Alamat: Jl. Kemang Raya No.81, Jakarta Selatan
E-mail: journey@nusagastronomy.com
No. Telp: 021 719 3954
Jadwal Operasional: Selasa – Sabtu : 11.00 – 09.00 WIB
Instagram: @nusagastronomy

6. Bottega Ristorante
Begitu menginjakkan kaki di tempat ini, Anda pasti akan langsung terpesona oleh interiornya. Perhatian Anda akan langsung tertuju pada puluhan lampu bohlam yang digantung di dalam ruangan. Terlihat artistik dengan konsep bergaya Eropa, dan membuat nuansa elegan di dalamnya.

Beberapa bulan yang lalu, restoran ini menempati tempat barunya di kawasan SCBD dengan area yang lebih luas dan penataan ruangan yang lebih cantik, terlihat dari banyaknya dedaunan yang membuat suasana menjadi lebih natural dan classy di waktu yang bersamaan. Bila Anda ingin mencari tempat yang romantis bersama pasangan, maka Bottega Ristorante patut Anda masukkan ke dalam daftar tempat makan yang harus didatangi.

Bicara soal menu, restoran ini menawarkan menu full course, mulai dari appetizer hingga berbagai pilihan minuman. Beberapa menu utama yang bisa Anda pilih di sini antara lain Osso Bucco, Crispy Duck Confit, Roasted Rack of Lamb with Parsley Crust, dan lainnya.

 Photo Source: https://www.instagram.com/bottegaristorante

Website: https://www.bottegaristorante.net
Alamat: Fairground Building SCBD, Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53 Lot. 14, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
No. Telp: 021 5140 2266
Jadwal Operasional: Senin – Sabtu: 11.00 – 00 WIB
Instagram: @bottegaristorante