< Tips

6 Tips Aman Pulang Malam dengan Mobil di Jakarta

6 Tips Aman Pulang Malam dengan Mobil di Jakarta

Tips

Berkendara di malam hari memang harus ekstra hati-hati. Apalagi dengan kegiatan sehari-hari Anda sebagai masyarakat urban yang mau tidak mau mengharuskan Anda pulang malam. Anda mungkin juga sering membaca broadcast message tentang kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan terjadi di perjalanan. Untuk itu, Check In Jakarta memiliki tips agar Anda tetap aman saat pulang membawa mobil di malam hari. Check this out!

1. Langsung Mengunci Mobil
Ini hal paling mudah yang sering terlupakan untuk sebagian orang. Biasakan first thing to do saat Anda masuk mobil adalah langsung menguncinya. Karena kalau Anda lengah sedikit, sang penjahat yang sudah menargetkan mobil Anda akan dengan sigap menyerbu masuk ke dalam mobil.

2. Sembunyikan Barang Berharga di dalam Mobil Anda
Tas laptop, ransel, atau bentuk barang berharga lainnya menjadi hal yang diincar para pencuri. Pastikan Anda menyimpannya secara tersembunyi saat Anda meninggalkan mobil di parkiran walaupun sebentar, maupun saat sedang membawa mobil di jalanan. Anda bisa meletakkannya di bawah jok mobil atau menutupinya dengan jaket atau benda lainnya agar tidak terlihat mencolok sebagai barang berharga.

3. Langsung Ambil Sisipan Brosur di Kaca Mobil
Biasakan periksa kaca depan dan belakang Anda sebelum masuk ke mobil. Kalau ada brosur, pamflet, atau sejenisnya, langsung saja diambil agar tidak menghalangi pandangan Anda saat menyetir nantinya. Jangan mengambilnya setelah Anda membuka pintu mobil, karena sang penjahat bisa langsung menyerbu barang di dalam mobil selagi Anda mengambil brosur tersebut.

4. Hindari Ranjau Buah-buahan
Anda mungkin sudah pernah membaca broadcast message tentang jeruk yang sudah disisipi dengan kurang lebih 4 buah paku berukuran 5-6 cm. Hal ini memang terlihat kecil, tapi bisa berefek besar untuk kendaraan Anda. Jika Anda melihat jeruk di jalan ataupun buah lainnya, hindari melindasnya karena jeruk ini tak akan segan-segan membuat ban mobil Anda kempes. Saat Anda turun mobil untuk memeriksa, saat itulah sang penjahat yang biasanya datang dengan motor akan langsung menyerbu barang-barang Anda.

Photo source: http://www.kompasiana.com

5. Waspadai Lemparan Telur ke Kaca Depan
Ini juga termasuk berita yang gencar dikabarkan melalui broadcast message. Anda mungkin sekarang berdecak heran betapa para pelaku kriminal tak henti-hentinya kehabisan akal untuk mengincar barang berharga Anda. Yup, kalau tiba-tiba kaca depan Anda mendapat sebuah lemparan telur, jangan langsung menyalakan wiper untuk bermaksud membersihkannya karena hal itu malah akan membuat buih dan busa seperti hasil adukan telur yang akan semakin menghalangi pandangan Anda. Berhentilah di tempat aman yang ramai seperti pom bensin atau pos polisi untuk membersihkan kotoran di kaca mobil Anda.

6. Maksimalkan Perlengkapan dalam Mobil
Sediakan ban serep, gunakan lampu depan semaksimal mungkin, dan jaga kecepatan berkendara Anda. Tiga hal ini wajib menjadi perhatian Anda untuk mengantisipasi kejadian yang datangnya tak disangka-sangka. Kalau terjadi sesuatu pada mobil Anda, sebaiknya berhenti di tempat yang ramai untuk menghindari tindak kejahatan yang lebih sering terjadi di tempat sepi. Selalu waspadai segala kemungkinan karena penjahat senang mencoba segala cara untuk membuat Anda lengah.