< Tips

6 Tips Mengelola Gaji dengan Bijak

6 Tips Mengelola Gaji dengan Bijak

Tips

Puncak kebahagiaan para pekerja terjadi saat hari di mana mereka menerima gaji. Rasa senang karena memiliki banyak uang, membuat sebagian besar orang tak sabar ingin menggunakannya untuk membeli ini dan itu. Akibatnya, karena membelli semua yang diinginkan, belum sampai akhir bulan gaji sudah tak tersisa.

Agar hal seperti itu tidak menimpa Anda, berikut beberapa cara mengelola gaji dengan bijak yang dapat Anda terapkan. Yuk, disimak!

1. Belajar Mengendalikan Diri
Setiap baru menerima gaji, jangan pernah merasa diri Anda memiliki banyak uang, hingga tanpa pikir panjang langsung berfoya-foya. Daripada menguras uang dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, coba tahan diri Anda untuk langsung menghabiskan gaji Anda. Akan lebih baik jika Anda menabungnya.

2. Buat Anggaran Bulanan
Sebelum menerima gaji, cobalah untuk membuat catatan anggaran bulanan, yang berisi apa saja kebutuhan penting yang harus Anda penuhi. Cara ini juga membantu Anda lebih berhemat dan terhindar dari perilaku konsumtif.

3. Jangan Tergoda untuk Kredit Barang
Hindari membeli barang dengan metode cicilan, karena akan membebani Anda dengan hutang yang harus dibayar tiap bulan selama kurun waktu tertentu. Jika ditotal, membeli barang secara kredit akan lebih mahal dari harga aslinya, karena ada bunga yang harus Anda bayar. Namun, jika Anda memang berniat untuk mengambil cicilan, usahakan untuk membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan. Selain itu, sesuaikan juga cicilan dan bunga yang ditawarkan dengan pendapatan Anda.

4. Sisihkan Uang untuk Orang Tua
Meski gaji yang Anda dapatkan adalah hasil jerih payah Anda sendiri, bukan berarti hanya Anda yang bisa menikmatinya. Pikirkan juga untuk orang tua Anda. Oleh karena itu, sisihkan juga sebagian gaji Anda untuk membahagiakan orang yang sudah mempertaruhkan segalanya untuk Anda.

5. Bertemanlah dengan Orang-Orang yang Memiliki Gaya Hidup Sederhana
Cara ini sangat ampuh untuk mengendalikan pengeluaran Anda. Berteman dengan mereka yang cerdas dalam mengelola keuangannya dan terbiasa bergaya hidup sederhana, sangat membantu Anda agar tidak konsumtif.

Sebagai contoh, saat Anda berkumpul dengan teman-teman yang sederhana, mereka tidak mempermasalahkan di mana tempat untuk berkumpul. Bahkan di warung tenda pinggir jalan dengan harga yang murah meriah pun tak masalah. Lain halnya jika Anda berteman dengan orang yang memiliki gaya hidup serba mewah. mereka biasanya ingin berkumpul di tempat yang istimewa tentu dengan harga yang tidak murah.

Cobalah untuk menerapkan cara-cara tersebut agar gaji Anda tidak terbuang sia-sia dan awet hingga gaji berikutnya tiba. Selamat mencoba!