< Tips

6 Tips Sebelum Membeli Hewan Kurban

6 Tips Sebelum Membeli Hewan Kurban

Tips

Hari Raya Idul Adha hanya tinggal menghitung hari. Apakah Anda berencana untuk berkurban kali ini? Jika ya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli hewan kurban.

1. Ketahui Umur Hewan
Untuk sapi, umur yang baik dijadikan hewan kurban adalah dua tahun, sedangkan domba enam bulan sampai satu tahun, dan kambing satu tahun. 

Anda bisa mengetahui berapa umur hewan tersebut dengan cara melihat gigi serinya yang sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap. Ciri-ciri gigi tetap adalah ukurannya lebih besar dan warnanya kekuningan, karena lapisan yang berbeda pada gigi tersebut.

Pada kambing dan domba, apabila satu pasang gigi seri sudah berganti maka diperkirakan umurnya sudah satu tahun. Sedangkan pada sapi, apabila satu pasang gigi seri sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap, diperkirakan umurnya sudah dua tahun.

2. Tidak Cacat
Pastikan hewan qurban yang akan Anda beli tidak cacat sedikit pun. Karena menurut ajaran Islam, tidak sah jika terdapat cacat pada hewan yang akan diqurbankan. Dagingnya pun akan dianggap sebagai daging biasa, bukan daging qurban.

3. Nafsu Makan yang Baik
Apabila hewan menunjukkan nafsu makan yang besar, artinya hewan tersebut dalam kondisi sehat. Sedangkan hewan yang terlihat tidak nafsu makan, ada kemungkinan sedang mengalami gangguan kesehatan. Lebih baik lagi jika Anda menanyakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut.

4. Perhatikan Tingkah Laku Hewan
Tingkah laku hewan yang sehat biasanya gesit, dan lincah. Jangan memilih hewan kurban yang terlihat menyendiri, tidak bersemangat, dan lesu, karena itu menandakan hewan sedang tidak sehat.

5. Perhatikan Organ Tubuh Hewan
Perhatikan pula organ tubuh hewan, seperti mata, dan hidung. Jangan memilih hewan dengan kelopak mata berwarna pucat atau kekuningan, karena hewan yang sehat memiliki kelopak mata berwarna merah muda. Lihat juga bagian hidungnya, jika sedikit basah berarti hewan tersebut sehat. 

Selain itu, yang terpenting adalah proporsi tubuh hewan. Untuk sapi dan kerbau, tulang punggung harus rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Ideal di sini bisa dilihat dari kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, serta leher yang seimbang.

Yang terakhir adalah anus, jika pada bagian anus kotor maka hewan tersebut sedang mengalami diare. Hindari juga hewan yang kulitnya terlihat berkerak, karena menandakan hewan tersebut mengidap penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau, dan kutu kecil.

6. Perhatikan Tempat Penjualan Hewan Kurban
Jangan pernah membeli hewan kurban yang diternak di tempat pembuangan sampah, karena bukan tak mungkin hewan tak tersebut akan memakan sampah yang ada di sekitarnya.

Belilah hewan yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari lingkungan yang bising. Karena hewan akan lebih mudah stres jika berada di tempat yang bising.