< FYI

6 Topik yang Seharusnya Tidak Dibicarakan di Tempat Kerja

6 Topik yang Seharusnya Tidak Dibicarakan di Tempat Kerja

FYI

Mengobrol dengan rekan kerja memang tidak ada salahya, akan tetapi ada beberapa topik pembicaraan yang sebaiknya tidak dibicarakan di tempat kerja. Sebab, ada kemungkinan pembicaraan tersebut akan menimbulkan masalah. Dilansir dari The Balance, berikut 6 topik yang sebaiknya Anda hindari di kantor.

1. Politik
Politik menjadi topik yang biasanya paling sering dibicarakan di tempat kerja, terutama saat menjelang pemilu atau pilkada. Pembicaraan tentang politik dikhawatirkan dapat memicu perdebatan, hingga permusuhan yang bisa saja merusak hubungan baik dengan rekan kerja Anda.

Ini bisa terjadi jika Anda mendukung partai atau kandidat tertentu, sedangkan rekan kerja Anda memilih partai atau kandidat lain yang menjadi lawan politik.

2. Agama
Agama juga menjadi topik yang sering diperbincangkan, namun sebaiknya Anda hindari topik ini. Pasalnya, keyakinan adalah hal yang sangat sensitif dan bersifat pribadi.

Jangan bicarakan tentang keyakinan Anda secara mendalam, apalagi sampai menilai umat agama lain. Ditakutkan, nantinya ada pihak yang merasa tersinggung.

3. Kehidupan Seks
Jangan pernah menjadikan kehidupan seks sebagai topik perbincangan Anda di kantor. Topik ini juga bersifat sangat pribadi, tidak ada satu alasan pun mereka perlu tahu apa yang terjadi pada Anda dan pasangan.

4. Masalah Keluarga
Permasalahan yang terjadi di keluarga Anda bukan hal yang tepat untuk dibicarakan di tempat kerja. Selain itu, permasalahan ini juga dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja Anda di kantor. Belum lagi jika masalah tersebut malah membuat Anda menjadi bahan gosip, tentunya akan membuat Anda merasa tak nyaman di tempat kerja.

5. Aspirasi Karier
Anda mungkin menganggap pekerjaan saat ini adalah batu loncatan menuju karier yang lebih baik. Namun, jangan bicarakan hal ini dengan rekan kerja! Membicarakan soal ambisi Anda akan membuat atasan maupun rekan kerja mempertanyakan loyalitas Anda. Bahkan, Anda pun bisa dibenci.

6. Kondisi Kesehatan
Ada baiknya hal ini juga tidak dibicarakan di lingkungan kerja Anda. Lebih baik, bicarakan kondisi kesehatan Anda dengan keluarga.

Hal ini juga bisa berakibat fatal pada karier Anda. Rekan kerja atau bahkan atasan Anda akan mempertanyakan apakah masalah kesehatan Anda dapat mempengaruhi pekerjaan, dan meragukan kinerja Anda.