< Technology

7 Aplikasi Berguna dari Google yang Orang Jarang Tahu (Part 1)

7 Aplikasi Berguna dari Google yang Orang Jarang Tahu (Part 1)

Technology

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka, Google membuat berbagai macam aplikasi yang tentunya bisa mempermudah penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas. Nah, karena banyaknya aplikasi yang dibuat oleh Google, ada beberapa aplikasi yang mungkin belum pernah Anda dengar padahal berguna dan bisa membantu Anda. Mau tahu apa saja? Check it out!

1. Gmailify
Aplikasi yang pertama ini memudahkan Anda yang memiliki lebih dari satu akun e-mail dari berbagai provider. Anda bisa mengombinasikan e-mail dari Outlook.com, Yahoo!, atau Hotmail dengan akun Gmail yang Anda miliki hanya dengan satu aplikasi. Caranya Anda hanya tinggal membuka aplikasi Gmail, sign in ke akun-akun e-mail Anda, dan nyalakan fitur Gmailify. Dengan ini, e-mail dari provider lain tetap akan mendapatkan fitur yang Anda dapatkan di Gmail seperti spam protection, inbox organization, dan juga Google Now berdasarkan e-mail Anda.


Video source: YouTube (Google)

 

2. Google Scholar
Aplikasi yang satu ini berguna untuk Anda yang sedang sekolah, kuliah, maupun sedang melakukan penelitian. Karena Google Scholar merupakan sebuah search engine khusus untuk mencari literatur ilmiah. Di sini Anda bisa mencari kutipan yang diambil dari buku, jurnal penelitian, dan juga karya tulis ilmiah lengkap dari sumber aslinya. 

3. Google Keep
Bagi Anda yang suka mencatat, aplikasi yang satu ini perlu diunduh, nih. Google Keep merupakan aplikasi untuk membuat catatan di mana warna latar belakang di tiap catatan bisa diganti menjadi lebih berwarna-warni. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat to-do list melalui Google Keep sehingga tidak ada yang terlupakan lagi. Uniknya, bila Anda mengganti smartphone, catatan akan tetap ada asalkan Anda sign in dengan akun Google yang sama saat Anda membuat catatan. 

4. Timer
Aplikasi yang satu ini tertanam di dalam browser Google Chrome. Bila Anda sedang browsing internet dan membutuhkan timer, Anda tinggal membuka tab baru dan mengetik “10 minutes timer” atau berapapun waktu yang diinginkan di kolom pencarian Google. Setelah itu timer akan dengan otomatis berjalan dan berbunyi jika waktunya telah habis. Tidak hanya timer, Anda juga bisa mengakses stopwatch dari aplikasi ini. 

5. Think with Google
Bagi Anda penggiat marketing, aplikasi yang satu ini bisa berguna untuk Anda. Melalui Think with Google, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai penelitian terbaru, tren konsumen yang sedang terjadi, hingga berbagai wawasan di bidang marketing. Caranya mudah, Anda hanya tinggal menuju https://www.thinkwithgoogle.com dan bisa melihat berbagai topik di halaman utamanya. 

Photo source: http://www.google.com

6. Google Trends
Melalui aplikasi Google Trends, Anda bisa melihat tren apa yang sedang banyak dibicarakan saat ini. Data tren ini diambil dari pencarian yang dilakukan oleh orang-orang melalui Google. Tidak hanya di satu negara, Anda dapat melihat Google Trends di berbagai negara dan juga dapat disortir berdasarkan berbagai kategori seperti bisnis, hiburan, kesehatan, teknologi, dan olahraga. 

7. Google Shopping
Yup, dari namanya saja sudah ketahuan, kan, kalau aplikasi yang satu ini berfungsi sebagai tempat untuk berbelanja? Melalui Google Shopping, Anda bisa membeli berbagai macam barang mulai dari gadget, pakaian, hingga kosmetik. Caranya hanya tinggal meluncur saja ke https://www.google.com/shopping. Nice!