< Marketing

7 Cara Jitu Meningkatkan Likes pada Post Instagram Anda

7 Cara Jitu Meningkatkan Likes pada Post Instagram Anda

Marketing

Sekarang, Instagram tak hanya bisa digunakan sebagai ajang untuk sharing momen spesial, tetapi juga untuk berbisnis. Seringkali audiens ataupun calon pelanggan Anda mempertimbangkan jumlah likes untuk mempercayai produk Anda. Agar likes di post Instagram Anda bisa lebih banyak dari sebelumnya, lihat cara-caranya di bawah ini!

1. Pahami tentang Hashtag
Mencantumkan hashtag bisa dibilang sebagai cara paling ampuh agar post Instagram Anda bisa tersebar meluas ke audiens Instagram. Rajin-rajinlah untuk research mengenai hashtag apa yang populer dan sesuai dengan tema post Anda. Sedikit tips, jangan memilih hashtag yang jumlah post-nya sudah sangat banyak karena hal itu akan membuat post Anda ‘tenggelam’ di halaman Explore saking banyaknya orang yang menggunakan hashtag tersebut.


Photo source: Check In Jakarta doc.

2. Tag Akun Populer
Dengan Anda men-tag akun Instagram yang populer yang terkait dengan tema foto Anda, sebut saja @Someone, foto Anda akan muncul di halaman Photos of Someone tersebut. Para fans dari @Someone yang seringkali meng-kepo akun Instagram-nya pun akan  melihat foto Anda. Jika foto Anda memang menarik, maka mereka tak akan segan mengklik tombol hati di bawah post Anda.

3. Ajak Kerabat untuk Memberikan Komentar
Pernahkah Anda memperhatikan, bahwa foto dengan likes banyak memiliki komentar yang banyak pula? Nah, untuk membantu bisnis Anda, ajak saja teman-teman ataupun keluarga untuk bantu memberikan komentar di bawah post Anda. Akan semakin ampuh lagi jika dalam komentar tersebut juga di-tag kerabat lain yang ingin direkomendasikan foto produk ataupun karya Anda. Foto Anda pun bisa semakin tersebar luas.


Photo source: Check In Jakarta doc.

4. Perhatikan Jam Posting
Ketahui peak time Instagram dan peak time akun Anda. Misalnya saat weekdays, peak time Instagram adalah pukul 7 sampai 9 malam. Nah, unggahlah foto dalam rentang waktu tersebut dan perhatikan pada jam berapa tepatnya likes di foto Anda bertambah secara signifikan. ‘Jam ramai’ setiap akun ternyata berbeda-beda, lho, mengingat followers tiap-tiap akun terdiri dari berbagai kalangan. Setelah mengetahui kapan ‘jam ramai’ akun Anda, untuk hari selanjutnya rutinlah posting di jam tersebut.

5. Spam Likes pada Akun yang Belum Dikenal
Yup, Anda bisa melakukan spam likes pada akun yang belum terhubung dengan akun Anda, tetapi memiliki tema yang sama. Jika beruntung, pemilik akun tersebut akan dengan senang hati membalas spam likes Anda sehingga post Anda yang sudah lewat pun bisa mendapatkan tambahan likes juga, deh.


Photo source: http://pexels.com

6. Gencarkan Interaksi pada Akun Lain
Berikan komentar pada post teman ataupun akun yang belum Anda kenal. Dengan ini followers dari akun tersebut juga akan melihat adanya akun Instagram Anda dan bukan tak mungkin mereka akan mengunjungi profil Instagram Anda serta memberikan likes jika foto Anda menarik. Anda juga bisa men-tag teman yang selama ini rajin memberikan likes sehingga ia pasti akan melihat foto Anda sekalipun jam online-nya tidak bertepatan dengan jam posting Anda.

7. Kualitas Foto
Sudah melakukan tiga cara di atas, tetapi likes masih belum bertambah signifikan? Mungkin Anda perlu memperbaiki kualitas foto yang di-publish. Jangan lupa untuk selalu menyuguhkan foto dengan kualitas baik dan detail agar audiens yang melihat foto Anda bisa langsung memahami maksud foto tersebut. Tentunya Anda pribadi tidak menyukai foto yang blur atau terlalu gelap, bukan? Anda juga bisa melakukan research karakter foto dari akun pesaing bisnis Anda ataupun tren karakter foto yang sedang booming. Good luck getting more likes on Instagram!