< Event

7 Event Tahunan di Jakarta (Part 1)

7 Event Tahunan di Jakarta (Part 1)

Event

Hiruk pikuk Jakarta memang bukan hanya sekadar karena kemacetan lalu lintas di kala waktu bekerja namun juga karena banyaknya acara besar yang menarik untuk dikunjungi. Setiap tahunnya Jakarta juga memiliki acara yang selalu digelar untuk menunjukkan eksistensi bidang tertentu. Apa saja acara tersebut?

  1. Jakarta Fair / Pekan Raya Jakarta
    Acara tahunan Jakarta Fair adalah acara yang bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran (JIEXPO). Setiap tahunnya Jakarta Fair digelar selama satu bulan dari pertengahan bulan Juni hingga Juli. Para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pertunjukkan musik, berbagai exhibisi gaya hidup, kios-kios perbelanjaan dan deretan kuliner khas Jakarta.

  2. Jakarta Fashion Week
    Para pencinta Fashion harus datang ke Jakarta Fashion Week setiap tahunnya. Anda akan menyaksikan berbagai rancangan pakaian dari desainer ternama dalam maupun luar negeri berlenggang di panggung Jakarta Fashion Week. Acara ini juga disinyalir menjadi pintu gerbang pasar fashion global untuk Indonesia yang dapat menarik minat dari berbagai negara luar. Biasanya para profesional di bidang fashion menghadiri acara ini termasuk juga para editor, pembeli, fotografer, stylist dan model yang memiliki peran besar di dunia industri ini.

  3. Jakarta International Kite Festival
    Setiap bulan Juni, Jakarta juga menggelar Jakarta International Kite Festival di pusat kota. Para peserta baik dari dalam maupun luar negeri diizinkan untuk ikut mendaftar perlombaan. Biasanya layang-layang yang diusung untuk mengikuti festival ini diharuskan menggunakan teknologi canggih serta mengusung kreativitas tinggi. Pengadaan acara ini sendiri berdekatan dengan hari ulang tahun Jakarta sehingga Jakarta International Kite Festival dijadikan salah satu bagian dari selebrasi.

  4. Indonesian International Motor Show
    Sebuah pameran otomotif terbesar di Indonesia hadir setiap tahunnya, Indonesian International Motor Show adalah acara besar yang menjadi sebuah keharusan bagi para pecinta otomotif. Produk-produk otomotif dalam berbagai jenis ditampilkan bersamaan dengan acara pendamping lainnya. Setiap tahun acara yang diusung selalu berbeda dan sangat bervariasi.

  5. Jakarta International Film Festival
    Jakarta International Film Festival adalah acara tahunan di Jakarta yang menggelar berbagai film dari seluruh dunia sejak tahun 1999. Tema yang diusung setiap tahun selalu berbeda sehingga menampilkan serangkaian film yang berbeda pula. Di acara ini para penikmat film bisa bertemu dengan para pembuat film ternama serta para pelaku industri film. Biasanya acara ini diusung di akhir tahun antara Oktober-Desember. Berbagai program menarik pun diselenggarakan dalam beberapa hari atau minggu sesuai dengan lamanya program tersebut dicanangkan.

  6. Jakarta Food & Fashion Festival
    Jakarta Food & Fashion Festival adalah sebuah acara yang dipersembahkan oleh pemerintah DKI Jakarta dengan PT Summarecon Agung Tbk yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan DKI. Seperti nama acara ini sendiri, rangkaian acara yang disediakan menggabungkan variasi kuliner dan fashion dalam satu karnaval. Booth yang hadir pun asli berasal dari para pelaku indutri kuliner dan fashion Indonesia. Berbagai acara atraktif di samping kuliner dan fashion juga disediakan seperti contohnya pesta kembang api, atraksi teatrikal, dan lain-lain.

  7. Jakarta International Jazz Festival
    Untuk mengapresiasi musik Jazz baik di tanah air maupun internasional, Jakarta menggelar Jakarta International Jazz Festival atau yang lebih sering diketahui sebagai Jazz Festival setiap tahunnya. Biasanya acara ini digelar di bulan Maret dengan mendatangkan para musisi Jazz dari dalam dan luar negeri. Walaupun bertema jazz namun berbagai performer diluar jazz juga sering menjadi pengisi acara ini untuk mengombinasikan jazz dengan aliran musik lainnya.