< Marketing

7 Hal Kecil Ini Bisa Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Online Anda

7 Hal Kecil Ini Bisa Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Online Anda

Marketing

Bagi Anda yang mempunyai toko online, tentu Anda ingin bisnis Anda berjalan lancar dan memuaskan, kan? Tujuh hal di bawah ini bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis online Anda. Check this out!

1. Sediakan Produk Rekomendasi
Munculkan produk lain yang fungsinya sama dengan produk yang sedang konsumen lihat saat itu. Konsumen akan cenderung membandingkan dan akhirnya membeli salah satu. Anda juga bisa memunculkan produk komplementer untuk ‘menggoda’ konsumen melengkapi koleksi jenis produk dari merek tertentu.

2. Penawaran Ongkir Gratis
Konsumen cenderung senang berbelanja online jika diiming-imingi pernyataan gratis ongkos kirim (ongkir). Tapi Anda tentu tak ingin rugi, bukan? Karena itu Anda bisa mengakalinya dengan menawarkan gratis ongkir dengan jumlah minimum pembelian. Biasanya konsumen akan senang hati menghindari ongkir dan mengusahakan pembelian tersebut, lho.

Photo source: http://pixabay.com

3. Jadikan Situs Anda User-Friendly
Menunggu loading gambar yang terlalu lama ataupun jenis eror lain yang mungkin terjadi pada situs toko online pastinya bisa membuat konsumen malas. Karena itu Anda perlu cek secara berkala kelayakan situs Anda.
Posisikan diri sebagai konsumen dan cobalah akses situs Anda sendiri seakan-akan Anda ingin membeli barang juga.

Tes setiap aspek dan button di situs Anda. Mulai dari mencari keyword barang yang diinginkan di search box, memilih barang, sampai teknis pembayaran. Apakah sudah memuaskan? Kalau belum, saatnya memperbaiki sebelum calon konsumen Anda lari!

4. Fitur Live Chat
Fitur ini akan memudahkan konsumen untuk bertanya langsung mengenai produk maupun kendala saat menggunakan situs Anda. Live chat juga sudah terbukti meningkatkan konversi toko online, lho.

Pastinya Anda memerlukan admin yang siap sedia saat menyediakan fitur ini, ya. Jangan sampai konsumen Anda malah merasa terabaikan saat sudah mengirim pesan. Kalau memang konsumen perlu menunggu karena adanya antrian chat, Anda bisa mencantumkan keterangan nomor antrian dan waktu tunggu yang diperlukan konsumen.

Photo source: http://flickr.com

5. Jangan Lupakan Detail Kontak
Walaupun sudah ada fitur live chat, tetaplah mencantumkan detail kontak perusahaan Anda terutama nomor telepon yang bisa dihubungi. Dan letakkan nomor tersebut di bagian footer situs Anda agar konsumen bisa langsung melihat setiap scrolling di semua halaman, tak hanya di halaman kontak saja.

6. Masukkan Social Proof
Tampilkan testimoni positif dari konsumen/user yang telah menggunakan produk atau layanan Anda. Dengan ini calon konsumen yang baru mengunjungi situs Anda bisa merasa tenang dan yakin kalau mereka memilih situs toko online yang tepat.

7. Kirimkan Ucapan Terima Kasih
Yup, hal sekecil apapun bisa membuat konsumen merasa dihargai dan besar kemungkinan mereka akan kembali berbelanja lagi di toko Anda, lho. Anda bisa mengirimkan ucapan terima kasih melalui e-mail dalam bahasa yang lebih friendly agar konsumen tidak menganggap e-mail tersebut hanya sekedar formalitas saja. Selamat mencoba!