< Tips

7 Hal Sehat yang Bisa Dilakukan Sebelum Jam 9 Pagi

7 Hal Sehat yang Bisa Dilakukan Sebelum Jam 9 Pagi

Tips

Saat bangun di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau berangkat ke kantor, setidaknya ada 7 hal yang menyehatkan tubuh yang bisa dilakukan sebelum jam 9 pagi. Apa saja hal tersebut? Simak artikel di bawah ini!

1. Bangun Pagi Sedini Mungkin
Bangun pada pagi hari, setidaknya jam 6 pagi, lebih menyehatkan daripada bangun lebih siang. Udara yang belum tercemar oleh asap mobil lebih baik untuk dihirup. Bangun lebih pagi juga dapat merubah ritme hari Anda menjadi lebih baik. Anda pun memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal produktif.

2. Minum Banyak Air Putih
Karena tubuh sama sekali tidak mengonsumsi air pada saat tidur, minumlah air putih yang banyak untuk mengembalikan tubuh yang dehidrasi. Air putih dapat mengembalikan metabolisme tubuh. Jangan sampai urin Anda memiliki warna kuning gelap, itu artinya tubuh mengalami dehidrasi.

3. Olahraga
Olahraga pada pagi hari akan memberikan dorongan energi untuk Anda menjalankan aktivitas. Tak perlu olahraga berat, cukup dengan jogging atau stretching sederhana untuk melemaskan kembali otot-otot. Anda memiliki lebih banyak energi untuk olahraga pada pagi hari dibandingkan olahraga pada sore hari setelah menjalankan kegiatan. Karena itulah lebih baik olahraga pada pagi hari. 

4. Konsumsi Sarapan Bergizi
Sarapan menjadi waktu makan yang paling penting dalam sehari. Apa yang Anda konsumsi pada saat sarapan menentukan energi yang dimiliki oleh tubuh Anda. Tentu saja sarapan yang alami lebih baik, yakni sayuran dan buah-buahan. Anda juga bisa mengonsumsi bubur oat dan buah-buahan untuk mendapatkan karbohidrat dan gula alami. 

5. Membaca Buku
Membaca buku di pagi hari memiliki beberapa manfaat, seperti meredakan stres dan juga memulai otak untuk bekerja di pagi hari. Apalagi jika didukung dengan bacaan yang bermanfaat, selain melatih otak juga dapat menambah wawasan. Atau Anda juga bisa membaca novel kesukaan untuk memulai hari lebih semangat. 

6. Mendengarkan Musik
Musik dapat menyegarkan otak Anda, it lights up the brain! Berpikirlah positif dan dengarkan musik yang upbeat untuk menyemangati Anda sebelum berangkat kerja ataupun saat sedang dalam perjalanan ke kantor. 

7. Menulis Jurnal
Jangan sepelekan menulis jurnal adalah hal yang tidak penting. Dengan menulis di pagi hari, Anda akan menjadi lebih kreatif. Dalam jurnal tersebut Anda juga dapat membuat to-do list tentang apa saja yang harus dilakukan pada hari tersebut. Dengan itu kegiatan Anda akan lebih teratur dan juga dapat mendisiplinkan diri.