< Business

7 Hal yang Harus Dihindari Jika Memiliki Kartu Kredit Lebih dari 1

7 Hal yang Harus Dihindari Jika Memiliki Kartu Kredit Lebih dari 1

Business

Banyak orang yang memiliki kartu kredit, tapi belum benar-benar memahami cara menggunakannya secara bijak.

Sebagian dari mereka, kartu kredit digunakan sebagai cadangan uang saat ada keperluan mendadak. Ada juga yang memilikinya karena tertarik dengan promo-promo yang ditawarkan.

Kartu kredit memang sebaiknya digunakan saat ada promo menarik setiap bulan. Namun, menggunakannya juga harus bijak. Karena jika tidak, bukan tak mungkin tagihan kartu kredit Anda akan 'membengkak'.

Belum lagi perhitungan bunga yang bisa meningkat setiap tahunnya. Tentu saja ini harus Anda perhitungkan. Apalagi jika kartu kredit yang Anda miliki lebih dari satu.

Selain dua hal di atas, ada beberapa hal lagi yang harus menjadi perhatian dan sebaiknya Anda hindari. Apa sajakah itu?

1. Pakai Kartu Kredit Overlimit
Setiap kartu kredit biasanya memiliki batas atau limit tertentu. Limit tersebut beragam jumlahnya, bisa Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

Sebaiknya, Anda gunakan kartu kredit dengan tidak melebihi limit tersebut. Jika Anda memiliki kartu kredit lebih dari satu dan sering menggunakannya hingga melebihi limit, maka semakin besar tagihan yang harus Anda bayarkan nantinya.

2. Sudah Punya Kartu Kredit, tapi Masih Menggunakan Kartu Debit
Untuk poin ini, biasanya dibutuhkan saat Anda menggunakan kartu kredit dan kartu debit di beberapa merchant khusus.

Misalnya, Anda pergi ke sebuah restoran yang menawarkan diskon bila menggunakan kartu kredit. Ada baiknya Anda menggunakan promo tersebut dan tidak perlu membayar menggunakan kartu debit yang umumnya digunakan sebagai tabungan.

Gunakan saja kartu kredit Anda saat ada promo diskon.

3. Membayar Transaksi Kecil Menggunakan Kartu Kredit
Seperti yang telah disebutkan, kartu kredit memiliki limit tertentu yang menjadi pengingat seberapa besar transaksi yang sudah dilakukan.

Belum lagi menggunakan kartu kredit juga harus mempertimbangkan bujet pengeluaran bulanan. Menggunakan lebih dari satu kartu kredit tentunya harus lebih menyesuaikan dengan pengeluaran Anda saat ini.

Jika transaksi kecil saja dibayar menggunakan kartu kredit, itu hanya akan mempercepat pemakaian menuju limit, dan Anda pun jadi ketergantungan membayar apa saja menggunakan kartu kredit.

4. Telat Bayar Tagihan Kartu Kredit
Punya kartu kredit lebih dari satu, tapi saat membayar tagihan selalu melewati batas waktu atau tanggal jatuh tempo. Tentunya ini adalah kebiasaan yang buruk.

Telat membayar tagihan kartu kredit akan dikenai denda keterlambatan pembayaran sebesar 3% dari total tagihan. Jika kartu kredit yang Anda punya lebih dari satu, tentu tagihan yang harus dibayar semakin besar.

5. Jarang Memantau Rincian Transaksi Kartu Kredit
Jika memiliki kartu kredit, Anda perlu memperhatikan rincian transaksinya. Dengan begitu, setiap transaksi yang terjadi bisa Anda ketahui. Dan jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi setiap kali melakukan transaksi dengan kartu kredit.

6. Keliru dalam Melakukan Perhitungan
Ini adalah salah satu kesalahan yang cukup sering dilakukan pemegang kartu kredit lebih dari satu. Tahukah Anda bahwa keliru dalam melakukan perhitungan kartu kredit akan berdampak besar? Anda akan mendapati bahwa banyak tagihan yang melebihi penghasilan. Sebab ternyata perhitungan yang sebelumnya Anda lakukan kurang tepat. Sebaiknya, Anda berhenti menggunakan kartu kredit jika tidak bisa melakukan perhitungan dengan tepat.

7. Bayar Online Shopping Menggunakan Kartu Kredit
Anda yang suka belanja sepertinya juga perlu mengurangi jumlah kartu kredit yang dimilikinya. Saat Anda tergila-gila akan online shopping, ini akan menjadi ‘candu’ yang cukup sulit untuk dihentikan.

Berbagai promo menarik, terutama yang paling sering ditawarkan, promo kartu kredit, selalu jadi hal yang menggoda setiap bulannya. Ingat! Kebutuhan Anda masih banyak. Jadi, belanja sewajarnya saja sesuai kebutuhan.