< Marketing

7 Manfaat Memberikan Sampel Produk Gratis

7 Manfaat Memberikan Sampel Produk Gratis

Marketing

Tahukah Anda? Walaupun memerlukan modal lebih, memberikan sampel produk Anda secara gratis ternyata bermanfaat sebagai strategi marketing yang jitu, lho. Simak apa saja efeknya di bawah ini!

1. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan memberikan sampel produk gratis, calon konsumen jadi bisa merasakan produk Anda dengan kelima inderanya sehingga brand Anda lebih ‘ngena’ di ingatan mereka. Karena itu, jangan pelit-pelit menyisipkan sampel produk gratis Anda. Sebagai salah satu cara, Anda bisa menyelipkannya dalam goodie bag saat ada event tertentu. Rajin-rajinlah mencari peluang event yang bisa dijadikan sarana berpromosi, ya.


Photo source: http://flickr.com

2. Calon Pembeli Menjadi Lebih Percaya Diri
Calon pembeli yang sudah mencoba produk Anda terlebih dahulu pastinya akan lebih yakin untuk menggunakan produk Anda untuk kebutuhan selanjutnya. Karena itu siapkan sampel produk gratis Anda dalam kondisi baik, tidak cacat, apalagi kadaluarsa.

3. Memberi Kesan Familiar
Bagi Anda yang menjual barang secara online, memberikan sampel produk gratis tentunya akan membuat calon konsumen tidak ‘membeli kucing dalam karung’ nantinya. Sebab mereka sudah tahu bagaimana pengalaman saat menggunakan produk Anda.

Anda juga bisa mengirimkan sampel gratis untuk pelanggan Anda yang berulang tahun untuk semakin menciptakan ikatan yang akrab. Familiarity is nice, right?


Photo source: http://flickr.com

4. Mendapat Testimonial dari Calon Konsumen
Yup, Anda bisa memperoleh kesan dan pesan konsumen mengenai produk Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui apa yang masih perlu ditingkatkan dan apa yang disukai oleh pasar. Apalagi kalau yang mencoba sampel Anda adalah blogger. Kalau produk Anda cocok, mereka tak akan segan untuk me-review di blog-nya!

5. Menjadi Endorsement di Media Sosial
Cara ini termasuk jitu dan sudah menjadi populer di era digital dewasa ini. Tak jarang perusahaan yang akan meluncurkan brand tertentu memberikan sampel gratis kepada blogger ataupun selebriti untuk di-review dan dipajang di media sosial mereka. Pastinya brand Anda bisa menjadi lebih populer dan membuat pengguna medsos penasaran untuk mencoba.

Photo source: http://pixabay.com

6. Mengetahui Produk yang Paling Favorit
Jangan sampai Anda terlanjur memproduksi produk Anda dalam skala besar sebelum mengetahui reaksi dari calon konsumen atau pasar. Memberikan sampel produk gratis bisa memperkecil resiko kerugian dengan mengetahui apa jenis produk yang bisa menjadi best seller nantinya.

7. Meningkatkan Penjualan
Yes, ini dia tujuan yang didambakan. Setelah pembeli cocok setelah mencoba sampel produk Anda, mereka pun bisa menjadi pelanggan setia produk Anda. Thanks to the free samples!