< Technology

7 Merek Smartphone Mendunia yang Ternyata Produk Cina

7 Merek Smartphone Mendunia yang Ternyata Produk Cina

Technology

Negara Cina sering disebut sebagai negara peniru karena banyaknya produk tiruan yang diciptakan oleh berbagai produsen asal negara ini. Namun, jangan salah, di tengah pesatnya perkembangan gadget tepatnya smartphone, negara Cina juga memiliki prestasi, lho. Siapa sangka kalau 7 merek smartphone berikut ini merupakan produk Cina. Penasaran? Simak di artikel ini!

 

1. Lenovo
Yang pertama ada Lenovo. Banyak orang mengira merek smartphone ini berasal dari Amerika Serikat atau negara barat lainnya. Ternyata anggapan tersebut salah karena Lenovo merupakan smartphone yang berasal dari Beijing, Cina. Memang awalnya Lenovo merupakan produsen produk komputer hingga notebook, namun kini Lenovo sudah merambah pasar smartphone dengan menggandeng Intel sebagai produsen prosesor untuk smartphone-nya.

 

Lenovo menyasar konsumen untuk kelas menengah ke bawah dengan kualitas smartphone­-nya yang tak kalah bagus namun dijual dengan harga yang bersahabat. Lenovo mengklaim keberhasilan mereka menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia.

 

2. ZTE
Merek yang menjadi salah satu sponsor klub-klub basket NBA di Amerika Serikat ini mungkin lebih dikenal sebagai produsen modem di Indonesia. Namun, di Amerika Serikat dan juga negara asalnya, Cina, ZTE sukses laris berkat penjualan smartphone-nya.

 
Photo source: http://www.wikimedia.org

Smartphone dengan merek ZTE juga sering bekerja sama dengan provider di berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk dijual sebagai produk bundling. Bagi Anda yang pernah membeli paket smartphone dan provider dengan cara bundling, cobalah lihat apakah smartphone Anda bermerek ZTE?

 

3. Oppo
Memiliki nama yang unik menurut orang Indonesia karena pengucapannya yang serupa dengan bahasa Jawa, Oppo membuktikan kualitasnya produknya dan dapat diterima oleh pasar Indonesia dan dunia karena harganya yang juga bersahabat. Merek ini pun tentu sudah tidak asing lagi, kan, berkat iklannya yang cukup merajai media di Indonesia?

 

4. Xiaomi
Dari namanya saja, kita sudah bisa tahu kalau Xiaomi berasal dari Cina. Yup, sempat dituding banyak orang sebagai perusahaan penjiplak iPhone, namun Xiaomi tidak tinggal diam saja. Xiaomi berhasil merebut hati pecinta gadget berkat produk Mi Series-nya. Karena itu, Xiaomi termasuk ke dalam produsen smartphone kelima terbesar di dunia! Penjualan produknya pun laris manis, termasuk di pasar Indonesia.

 
Photo source: http://www.flickr.com

5. OnePlus
Mungkin di antara Anda masih banyak yang asing dengan merek smartphone yang satu ini. Namun di tahun 2015 lalu, OnePlus sebagai pendatang baru di ranah gadget meluncurkan smartphone Android dengan spesifikasi hardware yang cukup mencengangkan namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Sebut saja produk pertamanya yakni OnePlus One memiliki RAM dengan ukuran 3GB dengan kamera dengan sensor Sony beresolusi 13 megapiksel yang dijual dengan harga 4 jutaan rupiah saja.

 

Pada awalnya, OnePlus hanya bisa terjual kepada orang-orang yang mendapatkan undangan khusus saja. Seiring waktu berjalan, OnePlus mulai memasarkan produknya ke publik, termasuk di Indonesia. Lewat kerja sama dengan salah satu e-commerce di Indonesia, banyak pengguna yang cukup puas dengan merek yang satu ini.

 

6. Huawei
Hampir sama dengan ZTE, Huawei lebih banyak menjual modem sebagai produknya. Modemnya pun sering ditawarkan dalam bentuk paket bundling dengan provider tertentu. Sebenarnya tak hanya modem, Huawei juga memiliki produk smartphone, lho. Seri smartphone buatan Huawei dikenal dengan nama Huawei Honor dan Huawei Ascend. Namun, sayangnya smartphone buatan Huawei kurang bisa merebut hati para pecinta gadget di dunia.

 
Photo source: http://www.wikimedia.org

7. Meizu
Merek yang satu ini juga masih kalah populer dengan merek smartphone asal Cina lainnya. Namun di negara asalnya, Meizu cukup diperhitungkan, lho. Walaupun menanamkan sistem operasi Android di smartphone buatannya, Meizu juga menciptakan sistem operasinya sendiri. Sistem operasi tersebut bernama Flyme OS yang cukup dibanggakan juga oleh perusahaan ini. Well, sudah kenal belum sebelumnya?