< Tips

7 Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Tenang Saat Liburan

7 Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Tenang Saat Liburan

Tips

Sebentar lagi liburan long weekend, nih! Destinasi liburan sudah dikantungi. Selanjutnya, apa lagi, ya, yang perlu Anda siapkan? Agar menghindari panik di tengah liburan karena kurang persiapan, simak tips Check In Jakarta berikut ini!

1. Buat Packing List
“Sedia payung sebelum hujan”. Anda tentu tak ingin menyesal di tengah jalan karena lupa membawa barang tertentu, kan? Karena itu, Anda perlu membuat check list barang apa saja yang harus dibawa, kemudian pastikan Anda telah membawa semua yang dibutuhkan. Misalnya kalau Anda berencana piknik ke daerah dingin, jaket menjadi hal yang tak boleh terlupakan. Begitu juga dengan obat-obatan pribadi untuk memastikan Anda tetap fit saat berlibur. Jangan lupa pakai sunblock sebelum berjemur di pantai!

Photo source: http://www.flickr.com

2. Cek Kelengkapan Transportasi
Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, cek keadaan mobil atau motor Anda dan pastikan kelayakannya. Bisa dimulai dengan mengecek ban mobil, atau langsung membawa mobil atau motor Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan pada setiap bagiannya.

Rute perjalanan pun perlu Anda pertimbangkan matang-matang agar tidak nyasar, ya. Atau kalau Anda berniat ‘ngebolang’ dengan kendaraan umum, pastikan juga Anda sudah mengantungi rute tiap-tiap kendaraan umum plus peta daerah tujuan. Apalagi bagi yang akan naik pesawat atau kereta, ingat untuk membawa tiket dan kelengkapan identitas diri, ya!

3. Make Sure Your Camera is Ready
Tak lengkap, kan, kalau Anda tidak mengabadikan momen bahagia atau keindahan alam di tempat liburan? Karena itu, selain kamera smartphone, siapkan kamera digital Anda dalam keadaan baterai full dan kosongkan memori untuk menyimpan banyak foto-foto baru. Perlu diingat juga kalau Anda perlu membawa pelindung kamera untuk meminimalisir kontak kamera dengan air atau zat pengganggu lainnya.

Photo source: http://pixabay.com

4. Cheer Up the Kids
Bagi Anda yang membawa anak kecil, pasti Anda tak ingin terganggu dengan kerewelan mereka, kan? Agar si kecil tetap tenang, pastikan Anda membawa mainan dan cemilan favoritnya. Segala kebutuhan untuk menunjang kenyamanan si kecil seperti jaket dan bantal tidur untuk di mobil juga akan membuat Anda terhindar dari tangisan si ‘bos kecil’ saat perjalanan.

Kalau Anda berlibur naik pesawat, lebih baik Anda membawakan jenis mainan yang tidak bersuara bising agar tak mengganggu penumpang lainnya.

5. Siapkan Uang Tunai
Alangkah baiknya Anda selalu sedia uang tunai untuk menghindari terbuangnya waktu akibat berputar-putar mencari ATM. Anda juga perlu memastikan apakah destinasi liburan Anda termasuk tempat terpencil atau terjamah dengan keberadaan ATM?

Salah satu caranya bisa Anda lakukan dengan bertanya pada tour guide atau browsing di internet sebelum keberangkatan.

6. Jadikan Smartphone sebagai Pendukung Perjalanan
Smartphone akan sangat berguna dalam perjalanan Anda, terutama bagi Anda yang ingin berkeliling di sebuah kota. Misalnya, Anda bisa mengecek tempat kuliner atau belanja favorit, menyalakan peta digital atau GPS untuk menuntun Anda menuju tujuan, dan voila! Anda bisa langsung update di media sosial Anda.

Karena itu, pastikan baterai smartphone Anda terjaga dengan membawa power bank atau portable charger untuk di mobil. Paket data internet pada smartphone juga tentu harus terisi, ya!


Photo source: http://maps.google.com

7. Periksa Kondisi Rumah Agar Aman
Pastikan Anda sudah mematikan segala sumber api seperti kompor gas, sumber listrik, dan sumber air. Cek juga apakah tiap jendela dan pintu sudah terkunci. Kalau perlu, Anda juga berpamitan dengan satpam penjaga kompleks dan tetangga. Tapi sebaiknya, Anda tak perlu menitipkan kunci rumah. Cukup tinggalkan saja nomor telepon agar mereka bisa menghubungi Anda saat keadaan urgent. Kalau Anda mempunyai binatang peliharaan, Anda juga bisa menitipkan di pet shelter supaya tak perlu khawatir lagi akan kebutuhan dan keamanannya. Enjoy your holiday!