< Recreation

7 Tempat Hunting Foto Favorit di Jakarta (Part 1)

7 Tempat Hunting Foto Favorit di Jakarta (Part 1)

Recreation

Enjoy Jakarta! Di samping memiliki segudang tempat hiburan dan kuliner, Jakarta juga punya banyak spot yang bisa Anda datangi untuk hunting foto maupun sesi photoshoot. Di mana saja? Check this out!

1. Kota Tua
Nuansa Jakarta tempo dulu yang ditawarkan Kota Tua memang jarang bisa Anda jumpai di tempat lainnya. Tak heran Kota Tua menjadi lokasi favorit untuk hunting foto dengan tema vintage bagi para fotografer pro, pasangan yang melakukan foto pre-wedding, ataupun orang-orang yang sekedar berkeliling untuk menikmati atmosfer klasiknya.

Photo source: Check In Jakarta doc.

Sederet bangunan bergaya art deco peninggalan zaman Belanda, Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Perangko, Museum Seni Rupa & Keramik, Toko Merah, sampai kafe dengan ambience klasik merupakan spot yang sering diincar para pengunjung.

Sepeda onthel warna-warni disertai topi cantik di alun-alun Kota Tua juga bisa Anda sewa untuk semakin mempercantik suasana, nih. Adanya orang-orang yang berdandan seperti Noni Belanda, manusia batu, tentara, sampai pahlawan Indonesia juga tak boleh Anda lewatkan sebagai objek jepretan.

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No. 2, Kawasan Kota Tua, Jakarta
Jam Operational: Selasa – Minggu 09.00 – 15.00 WIB, Senin TUTUP

2. Monas
Sebagai ikon Ibu Kota, Monumen Nasional (Monas) menjadi salah satu tempat yang diincar para pendatang maupun wisatawan lokal. Adanya area taman yang luas membuat Anda bisa mengambil foto sambil beraktivitas dengan bebas, seperti piknik, jogging, bersepeda, ataupun menggunakan fasilitas di taman olahraga yang tersedia.

Photo source: http://flickr.com

Sudah sampai di Monas, jangan lewatkan untuk naik ke bagian atas monumen menggunakan lift untuk mengabadikan pemandangan Kota Jakarta. Di malam hari, Monas juga dilengkapi lampu-lampu yang semakin membuatnya eye catching sebagai objek foto Anda.

Alamat: JL. Medan Merdeka Barat, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat
Jam Operational: 07.00 – 22.00 WIB

3. Museum Nasional
Juga dikenal sebagai Museum Gajah, Museum Nasional memiliki koleksi benda-benda peninggalan zaman kebudayaan Hindu & Buddha seperti arca dan prasasti. Apalagi sekarang Museum Nasional telah memiliki area gedung baru yang lebih modern untuk Anda melihat koleksi peninggalan sejarah maritim dan manusia purba.

Photo source: Check In Jakarta doc.

Di bagian gedung lamanya tetap tak kalah seru, Anda bisa menemukan miniatur rumah adat dan alat musik dari budaya Indonesia, serta koleksi keramik dari penjuru dunia. Anda yang sedang ingin menambah koleksi foto objek-objek historis, tentunya jangan lupa untuk mampir ke Museum Nasional, ya.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat DKI Jakarta 10110
No. Telp: +62213868172 
Jam Operational: Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu 08.00 – 17.00 WIB
Website: http://www.museumnasional.or.id

4. Kawasan Ekowisata Mangrove
Menyusuri danau dengan perahu ditemani hijaunya alam bisa Anda rasakan di Kawasan Ekowisata Mangrove, Angke, Jakarta Utara. Lokasi ini sering dijadikan tempat foto pre-wedding, selain bisa menjadi tempat menikmati sunset dan sunrise.


Photo source: http://flickr.com

Kalau Anda ingin menginap di penginapan yang tersedia di kawasan hutan bakau ini, Anda bisa memilih vila atau rumah tenda yang didirikan di atas tanah maupun di atas air yang pastinya akan semakin memberi efek Instagrammable dengan jembatan kayunya. Spot payung berwarna-warni juga menjadi salah satu yang menjadi favorit para pengunjung.

Perlu diingat, untuk foto dengan kamera selain kamera smartphone di sini akan dikenakan charge kurang lebih 1 juta rupiah. Jadi pastikan Anda menyiapkan bujet, ya, sebelum datang untuk hunting foto di sini.

Alamat: Kawasan Ekowisata Mangrove Jalan Pantai Indah Utara, Penjaringan Jakarta Utara

5. Le Bridge Restaurant Ancol
Foto dengan latar belakang sunset akan terasa romantis diiringi angin sepoi-sepoi di Le Bridge Restaurant yang terletak dalam kawasan Ancol. Menuju resto ini, Anda perlu melewati jembatan kayu yang cukup panjang dan memang menjadi daya tarik Le Bridge.

Photo source: http://wikimapia.org

Di malam hari, suasana akan semakin cantik dengan lampu-lampu gedung yang mengelilingi. Sampai di restorannya, berfoto di pinggir restoran yang menyerupai balkon kayu dengan latar belakang laut lepas dan gedung tinggi tentunya akan menghadirkan kesan yang spesial. Hmmm…

Alamat: Jl. Pantai Nusadua, Komplek Taman Impian Jaya Ancol, Beach Pool, RW.10, Jakarta Utara 14430
No. Telp: +622168666728
Jam Operational: Minggu – Kamis 07.00 – 23.00 WIB, Jumat 07.00 – 24.00 WIB, Sabtu 07.00 – 02.00 WIB
Facebook: Le Bridge

6. Petak Sembilan Glodok
Kawasan ini dikenal sebagai kawasan Pecinan-nya Jakarta. Lampion-lampion berwarna merah yang tergantung menghias sepanjang jalan, Gang Gloria untuk Anda yang ingin hunting foto kuliner, sampai kelenteng dengan gaya arsitektur khas Negeri Tiongkok, merupakan beberapa calon objek foto Anda.

Photo source: http://jakarta-tourism.go.id

Kelenteng tertua di sini adalah Kelenteng Dharma Bhakti atau Kelenteng Jin De Yuan. Walaupun Anda dipersilakan untuk mengunjungi kelenteng ini untuk tujuan wisata dan diperbolehkan foto-foto, tapi jangan lupa untuk tetap menghormati dengan memakai pakaian tertutup dan tidak berisik, ya, di rumah ibadah umat Buddha ini.

Toko pembuatan kaligrafi khas Tionghoa, pedagang kancing hias, dan pedagang makanan seperti pia Lau Beijing, Pabrik Roti Valnia, dan Warung Mie Belitung juga bisa menjadi objek menarik saat Anda hunting foto di kawasan Glodok. Saat menjelang Imlek, Petak Sembilan tentunya akan menjadi semakin ramai dan meriah. Cocok untuk Anda yang senang hunting foto ekspresi manusia ataupun suasana.

Alamat: Jalan Kemenangan III 13 Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat
Jam Operational: 08.00 – 20.00 WIB

7. Museum Taman Prasasti
Museum yang satu ini merupakan cagar budaya peninggalan zaman kolonial Belanda. Bagi Anda yang ingin hunting foto dengan tema gothic, museum ini bisa menjadi tempat yang pas dengan beragam prasasti nisan dilengkapi ukiran khas Eropa.

Photo source: http://flickr.com

Juga dilengkapi dengan patung-patung bergaya Eropa, miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia, dan koleksi kereta jenazah antik, pastinya akan ada saja ide untuk menghasilkan foto tematik di Museum Taman Prasasti. Anda juga perlu menyiapkan bujet, ya, sebelum hunting foto di sini.

Alamat:  Jl. Tanah Abang I No.1, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
No. Telp: +62213854060 
Jam Operational: Selasa – Minggu 09.00 – 15.00 WIB, Senin TUTUP