< Tips

7 Tips Aman Liburan di Luar Negeri

7 Tips Aman Liburan di Luar Negeri

Tips

Apakah Anda sudah punya rencana akan pergi ke mana libur akhir tahun nanti? Apakah luar negeri akan menjadi tujuan Anda? Dan apakah ini pertama kalinya Anda pergi berlibur ke luar negeri? Jika semua jawabannya adalah ya, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Sebaiknya jangan hanya memikirkan masalah akomodasi, transportasi dan logistik saja. Anda juga harus mengantisipasi keamanan sejak awal, agar dapat menikmati liburan dengan nyaman tanpa perasaan was-was. Check in Jakarta sudah merangkum hal-hal apa saja yang harus Anda persiapkan atau lakukan agar tetap aman meski sedang berlibur di negeri orang.

1. Berikan Salinan Itinerary ke Keluarga
Ada baiknya Anda mengirim e-mail atau memberikan salinan itinerary selama liburan ke keluarga atau kerabat dekat lainnya sebelum berangkat. Selain membuat anggota keluarga tahu apa yang mungkin sedang Anda lakukan di destinasi wisata, keamanan Anda juga lebih terjamin karena orang-orang terdekat bisa bertindak cepat jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada diri Anda.

2. Pisahkan Uang
Jangan simpan uang tunai dan kartu debit atau kredit di tempat yang sama. Simpan sebagian uang Anda di dompet dan simpan sebagian lagi di tempat yang Anda rasa paling aman, seperti saku jaket bagian dalam atau saku tersembunyi di dalam tas. Kartu-kartu berharga milik Anda juga bisa disimpan di tempat berbeda sehingga meminimalisir kerugian jika Anda kehilangan dompet atau lupa membawanya.

3. Scan Paspor dan Dokumen Penting Lainnya
Kehilangan dokumen-dokumen penting tentunya akan membuat liburan Anda hancur berantakan. Tapi, jika Anda telah mengantisipasinya dengan membuat salinan dokumen-dokumen tersebut sebelum berangkat liburan, Anda pun dapat mempercepat proses penggantian dokumen. Ada baiknya menyimpan soft copy dokumen tersebut secara daring atau online, agar lebih aman dan tak takut akan hilang atau lupa di mana Anda menyimpannya.

4. Buat Asuransi Perjalanan
Tidak ada yang tahu kapan kita akan sakit. Bisa saja terjadi saat kita sedang berlibur. Sayangnya, tidak semua asuransi pribadi bisa meng-cover biaya medis di luar negeri. Untuk itu, jika Anda berencana liburan ke luar negeri dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya Anda mendaftar asuransi perjalanan di perusahaan asuransi terpercaya sebagai langkah antisipasi.

5. Pelajari Budaya dan Aturan yang Berlaku
Setiap negara pasti memiliki budaya dan aturan tersendiri. Ada banyak hal yang mungkin lumrah dilakukan di Indonesia, namun tidak di negara lain. Sebagai contoh, di Indonesia mungkin tidak ada masalah jika Anda tiba-tiba mengajak bayi orang yang tidak dikenal sedikit bermain, namun tidak demikian di Amerika Serikat atau negara-negara di Eropa yang terkenal lebih menjaga privasi. Atau jika di Indonesia, tidak masalah jika Anda keluar mengenakan pakaian terbuka, lain halnya dengan di negara Timur Tengah. Untuk itu, pelajari terlebih dulu kebudayaan dan norma yang berlaku di negara tujuan, agar nantinya Anda tidak terkena masalah hanya karena Anda tidak mengetahuinya.

6. Jangan Lewat Jalan Pintas
Meski Anda mulai merasa nyaman di negara tempat Anda berlibur, jangan coba-coba iseng mencari jalan pintas untuk memangkas waktu. Karena beberapa negara, seperti negara-negara di Amerika Latin terkenal memiliki jalan pintas yang berbahaya. Demi keamanan, lebih baik tetap berada di jalur yang umumnya diketahui banyak orang dan ramai dilalui orang.

7. Simpan Nomor Telepon Darurat
Jangan lupa untuk mencari tahu nomor-nomor penting yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu yang darurat, seperti nomor telepon kantor kedutaan, atau kantor polisi terdekat. Selamat liburan!