< Tips

7 Tips Aman Menonton Konser

7 Tips Aman Menonton Konser

Tips

Seringnya kejadian kurang menyenangkan dialami saat tengah asyik menonton konser membuat tak sedikit masyarakat merasa khawatir untuk datang ke pertunjukan idola mereka. Seperti salah satu contoh kejadian konser Ariana Grande beberapa waktu lalu di Manchester, Inggris. Tapi tenang! Check In Jakarta akan membagikan tips agar Anda tetap dapat menikmati aksi panggung sang idola tanpa rasa was-was.

1. Bawa Identitas Diri
Demi keamanan bersama, setiap promotor konser mewajibkan Anda membawa identitas diri, baik saat penukaran tiket dengan gelang karet atau saat akan memasuki venue konser. Jadi, jangan sampai lupa membawa KTP atau paspor jika Anda menonton konser di luar negeri.

2. Bawa Tas Sederhana
Dalam keadaan darurat, yang harus segera dilakukan adalah menjauh secepat mungkin dari lokasi kejadian. Jika Anda membawa tas punggung saat datang ke konser, itu adalah ide yang buruk. Selain menyulitkan, tas punggung Anda juga akan mengganggu penonton lainnya jika menonton di kategori festival atau standing. Bagi wanita, lebih baik membawa tas yang sederhana, seperti tote bag, sling bag, atau mungkin tas pinggang trendi yang praktis.

3. Alat Komunikasi Selalu Siap
Begitu asyiknya mengabadikan momen idola di atas panggung, Anda tak sadar kalau baterai ponsel sudah hampir habis. Pastikan ponsel tidak mati sebelum Anda selesai menonton konser, atau paling tidak, bawalah power bank untuk berjaga-jaga jika memang baterai ponsel Anda tidak tahan lama. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menghubungi orang terdekat jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

4. Kenali Pintu Darurat
Setiap venue konser, pasti memiliki minimal dua pintu untuk keluar dan dua lainnya untuk masuk ke dalam arena. Nah, biasanya sebelum konser dimulai, promotor akan memberikan informasi melalui siaran audio tentang letak pintu darurat. Dengarkan baik-baik dan ingat betul-betul di mana letak pintu darurat tersebut.

5. Kenakan Pakaian yang Nyaman
Kenakanlah pakaian kasual yang fleksibel saat datang ke konser. Selain nyaman dan tidak akan membuat Anda kegerahan, pakaian kasual juga memudahkan Anda bergerak. Jika Anda datang ke konser festival, celana pendek dengan kaos bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika Anda datang ke konser jazz, pakailah jeans yang nyaman dikenakan agar dapat bergerak bebas.

6. Laporkan Hal Mencurigakan
Sulit memang mendeteksi sebuah ancaman di kerumunan, seperti konser musik. Akan tetapi, jika memang Anda melihat hal yang mencurigakan, usahakan untuk segera melapor ke petugas yang berada di sekitar venue. Karena bisa saja hal mencurigakan yang Anda lihat dapat mengancam keselamatan banyak orang.

7. Segera Pergi Jika Situasi Darurat Terjadi
Pada tragedi penembakan di Paris tahun 2015 lalu, beberapa penonton konser diserang karena memilih bersembunyi di sebuah ruangan. Bahkan ada yang berpura-pura pingsan. Dalam kondisi darurat, hal tersebut justru membahayakan keselamatan. Jika Anda memiliki kesempatan untuk pergi, segeralah pergi. Cari tempat perlindungan yang aman di luar venue. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda!