< Tips

7 Tips Menjaga Keamanan Saat Menginap di Hotel

7 Tips Menjaga Keamanan Saat Menginap di Hotel

Tips

Menginap di sebuah hotel saat liburan tentu menjadi momen relaksasi tersendiri setelah lelah bepergian. Walaupun hotel tampak nyaman dan keamanannya dapat dipercaya, Anda perlu tetap menjaga keamanan sendiri jika seandainya terjadi keadaan darurat atau untuk menghindari tindak kriminal saat Anda menginap. Yuk, simak 7 tips menjaga kemanan saat menginap di hotel berikut ini!

1. Pelajari Peta Darurat
Di setiap belakang pintu kamar hotel biasanya terdapat peta darurat. Peta ini berisi informasi tentang jalur yang harus Anda gunakan saat keadaan darurat terjadi. Ada baiknya Anda mempelajari jalur tersebut sehingga ketika keadaan darurat terjadi Anda sudah tahu harus berlari ke arah mana dan dapat mengurangi kepanikan. 

Photo source: http://www.wikimedia.org

2. Pilih Kamar di Lantai Tengah
Hotel biasanya terdiri dari beberapa lantai. Oleh karena itu, pilihlah kamar di lantai tengah bangunan. Kenapa? Karena posisi tersebut dinilai lebih aman dibandingkan kamar di lantai paling bawah yang dilalui oleh banyak orang sehingga berpotensi diakses oleh orang lain. Sedangkan kamar di lantai paling atas akan menyulitkan Anda untuk menyelamatkan diri dalam keadaan darurat. So, pilihlah kamar di antara lantai paling bawah dan lantai paling atas 

3. Letakkan Tanda “Do Not Disturb”
Saat Anda tidak berada di kamar, letakkan tanda “Do Not Disturb” di luar kamar. Hal ini bisa mencegah housekeeping atau siapapun untuk masuk ke kamar Anda. Dengan ini, barang-barang di kamar Anda akan tetap aman. 

Photo source: http://www.wikimedia.org

4. Simpan Barang Berharga di Brankas
Bila Anda tetap ingin kamar dibersihkan oleh housekeeping, letakkan barang-barang berharga yang ingin Anda tinggal di dalam brankas yang biasanya tersedia di kamar hotel. Gunakan kode password unik dan hindari menggunakan angka-angka yang standar seperti 123456, 000000, dan sebagainya. Pastikan juga kalau password tersebut hanya Anda yang tahu, ya. 

5. Buat Suasana Ramai dari Dalam Kamar
Saat keluar kamar, Anda bisa menyalakan TV dengan volume rendah untuk tetap membuat suasana yang ramai dari dalam kamar. Hal ini bisa membuat orang lain yang lewat di depan kamar Anda berasumsi bahwa ada orang di dalam kamar Anda. Bila suasana kamar sepi, orang lain akan berpikir bahwa kamar Anda tidak ada orang dan berpotensi untuk mengundang tindak kriminal yang tidak diinginkan. 

6. Bawalah Tas Kecil
Saat traveling, bawalah tas kecil berisi dokumen penting seperti kartu identitas, paspor, uang, dan lainnya. Hal ini bermanfaat ketika ada keadaan darurat, tas inilah yang harus langsung dibawa bersama Anda. Pastikan tas ini selalu Anda bawa ke manapun atau letakkan di dekat Anda saat berada di dalam kamar. 

Photo source: http://www.pexels.com

7. Selalu Tutup Gorden
Sedang berada di dalam kamar maupun tidak, ada baiknya Anda selalu menutup gorden. Selain untuk menjaga privasi saat berada di dalam kamar, menutup gorden juga dapat menjaga keamanan Anda pada saat kondisi kamar kosong. Sehingga orang lain tidak bisa mengintip ke dalam kamar Anda dari gedung lain. Kamar yang kosong dapat mengundang tindak kriminal. Tentu Anda tidak mau hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat Anda liburan, kan? Always be safe, peeps!