< Tips

7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Tips

Perjalanan mudik Lebaran baik melalui jalur darat, udara, maupun laut dapat melelahkan tubuh. Alhasil, bukannya bercengkrama dengan sanak saudara, Anda malahan bisa jatuh sakit. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada Anda di momen Lebaran, kan? Dilansir dari Kompas.com, ada 7 tips untuk menjaga kesehatan agar tubuh Anda selalu fit saat mudik. Check it out!

 

1. Konsumsi Makanan Bergizi
Agar tubuh tidak terasa lemas, konsumsilah makanan bergizi menjelang keberangkatan mudik. Hindari makanan junk food, makanan instan, atau snack ber-MSG. Penuhi juga asupan cairan untuk tubuh dengan minum banyak air mineral. Dengan ini, Anda tidak akan merasa lemas dan akan terhidrasi saat mudik.

 

2. Lakukan Olahraga Ringan
Beberapa hari sebelum berangkat mudik, Anda bisa melakukan olahraga ringan untuk menggerakkan badan. Walaupun masih berpuasa, Anda bisa melakukan olahraga ini di waktu menjelang berbuka. Tidak perlu olahraga yang intens, cukup lakukan gerakan-gerakan ringan yang bisa membuat tubuh berkeringat. Dengan berolahraga, tubuh Anda dapat terjaga dari serangan penyakit.


Photo source: http://www.pixabay.com 

3. Istirahat yang Cukup
Agar memiliki energi yang cukup, Anda harus disiplin soal waktu istirahat. Tidurlah selama tujuh hingga delapan jam di malam hari. Hindari kegiatan yang mengharuskan Anda begadang hingga terlalu larut. Istirahat yang cukup sangatlah penting apalagi bagi Anda yang bertindak sebagai pengemudi dalam perjalanan mudik nanti.

 

4. Bawa Obat-obatan yang Diperlukan
Selalu sedia obat-obatan yang setidaknya diperlukan dalam perjalanan mudik, seperti obat pusing, obat mual, obat diare, obat flu, dan juga peralatan P3K. Terlebih lagi Anda yang memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, darah tinggi, atau lainnya, jangan sampai lupa membawa obat yang harus diminum secara rutin, ya.


Photo source: http://www.pixabay.com 

5. Persiapkan Makanan untuk di Perjalanan
Bekal makanan untuk di perjalanan juga cukup penting, lho. Tentu saja Anda sebaiknya membawa makanan sehat yang bisa dikonsumsi selama perjalanan. Usahakan membawa makanan yang simpel dan mudah untuk dikonsumsi. Jika tidak sempat untuk membawa bekal, hindarilah untuk jajan sembarangan agar terhindar dari penyakit yang menyerang di saat Anda mudik.

 

6. Konsumsi Vitamin
Vitamin tentu sangatlah penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa mengonsumsi vitamin C secara rutin sebelum berangkat mudik. Vitamin C juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pada saluran pernapasan seperti radang tenggorokan.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

7. Gunakan Masker
Banyaknya virus yang tersebar di udara bebas, membuat Anda yang tanpa sadar memiliki badan yang sedang tidak fit dapat dengan mudah tertular penyakit. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan masker saat melakukan perjalanan mudik dengan transportasi umum. Dengan menggunakan masker, Anda bisa menjaga tubuh agar jauh dari serangan penyakit. Semoga bermanfaat!