< Tips

7 Tips untuk Anda yang Akan Mudik Menggunakan Pesawat

7 Tips untuk Anda yang Akan Mudik Menggunakan Pesawat

Tips

Kembali ke kampung halaman dan bertemu sanak saudara sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia saat menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat berbondong-bondong pergi mudik dengan berbagai macam moda transportasi, seperti kendaraan pribadi, kereta api, bus, kapal laut, hingga pesawat.

Momen indah Lebaran bisa menjadi rusak apabila Anda tak mempersiapkannya secara matang. Bila Anda termasuk yang akan pergi mudik menggunakan pesawat, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, agar perjalanan jadi lebih nyaman. Baca selengkapnya di bawah ini!

1. Siapkan Tiket dari Jauh-Jauh Hari
Sama seperti membeli tiket kereta api, membeli tiket pesawat juga lebih baik dari jauh-jauh hari. Biasanya pemesanan tiket pesawat dapat dilakukan dua bulan sebelum keberangkatan. Agar bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah, usahakan membelinya melalui aplikasi travel agent.

2. Bawalah Bagasi Secukupnya
Setiap maskapai biasanya membatasi kapasitas bagasi penumpang. Rata-rata berat bagasi yang diperbolehkan berkisar antara 15-20 kg. Jika Anda ingin membawa barang ke kabin, perhatikan ukurannya! Karena tentunya ada penumpang lain yang juga inigin membawa barang mereka ke kabin.

3. Gunakan Kendaraan Umum
Ada baiknya Anda naik kendaraan umum saat ingin pergi ke bandara. Anda jadi tak perlu repot-repot memarkir kendaraan, apalagi lokasi parkiran di bandara juga cukup jauh dan membutuhkan biaya parkir ekstra.

4. Bawa Makanan Sendiri
Bila Anda naik maskapai berbiaya rendah, biasanya Anda tidak akan mendapatkan makanan. Beberapa maskapai yang memberikan makanan pun biasanya hanya memberikan roti dan air mineral. Jika Anda termasuk orang yang suka ngemil, Anda bisa membawa camilan sendiri. Namun pastikan juga agar tidakberlebihan dan boleh dibawa ke kabin saat pemeriksaan x-ray.

5. Pastikan Terminal Keberangkatan
Sebelum berangkat, pastikan lokasi terminal keberangkatan. Anda bisa mengeceknya ke pihak maskapai penerbangan agar tidak kebingungan saat tiba di bandara.

6. Datang Lebih Awal
Pastikan Anda tiba di bandara minimal tiga jam sebelum waktu boarding. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi antrean check-in atau bagasi yang panjang dan membutuhkan waktu cukup lama, apalagi saat musim mudik seperti sekarang ini. Agar lebih menghemat waktu, Anda bisa melakukan online check-in terlebih dahulu.

7. Gunakan Aplikasi Bandara
Beberapa bandara di Indonesia telah memiliki aplikasi yang berisi seputar informasi penerbangan. Salah satunya adalah aplikasi milik PT Angkasa Pura 2, yakni Indonesia Airport. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda yang hendak mudik menggunakan pesawat!