< Shopping

7 Trik Jitu Belanja di Pasar Senen

7 Trik Jitu Belanja di Pasar Senen

Shopping

Tidak seperti belanja di mall atau pasar umumnya, belanja di pasar barang bekas seperti Pasar Senen butuh trik khusus agar Anda bisa belanja dengan nyaman dan mendapatkan barang bagus dengan harga yang sangat murah. Apa sajakah trik-trik tersebut? Baca selengkapnya di bawah ini

1. Pakai Baju yang Santai
Kenyamanan adalah kunci utama saat Anda belanja di pasar barang bekas. Karena biasanya Anda akan banyak berjalan dari satu toko ke toko lain, untuk itu pakailah pakaian yang nyaman. Selain itu, untuk para wanita, hindari memakai baju yang terlalu terbuka atau ketat, serta aksesori yang berlebihan agar tidak mengundang perhatian. Sebaiknya Anda menggunakan kaos dan celana legging. Celana ini memudahkan Anda jika ingin mencoba celana yang akan Anda beli, karena kebanyakan toko di Pasar Senen tidak dilengkapi ruang ganti pakaian.

Hindari juga menggunakan sepatu, karena kondisi pasar yang panas akan membuat tubuh mudah berkeringat. Lebih baik memakai sandal jepit yang nyaman untuk alas kaki.

2. Gali Lebih Dalam
Tidak ada yang tahu 'harta karun' apa yang akan Anda temukan di tumpukan pakaian di Pasar Senen. Untuk itu, jangan malas untuk menggali lebih dalam lagi. Karena tak jarang ada pakaian bagus atau bermerek dalam tiap tumpukan, jika Anda jeli mencarinya.

3. Perhatikan Kualitas
Jangan tergiur dulu dengan harganya yang sangat murah, bisa jadi Anda malah mendapatkan barang yang tidak berkualitas sama sekali. Tak sedikit baju yang warnanya pudar, bolong, atau kotor. Untuk itu, selalu pastikan baju yang Anda pilih tidak terdapat cacat apapun dan masih layak pakai. Meski bekas, bukan berarti Anda tidak berhak mendapatkan barang yang berkualitas, bukan?

4. Pandai Menawar
Setelah mendapatkan barang yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menawar sebelum membayar. Harga awal yang diberikan penjual biasanya agak tinggi, untuk itu keluarkan kemampuan terbaik Anda dalam hal tawar-menawar. Namun, ada juga beberapa barang yang harganya sudah dipatok sehingga tidak dapat ditawar.

5. Bawa Uang Kecil
Bawalah uang secukupnya dan usahakan membawa uang receh agar lebih mudah ketika membayar. Selain itu, hal ini juga berguna untuk keamanan Anda. Membayar dengan uang receh juga akan mempercepat waktu pembayaran Anda tanpa harus menunggu si pedagang memberikan kembalian.

6. Bersikap Ramah
Ketika berbelanja di pasar barang bekas, jangan lupa untuk bersikap ramah terhadap penjual. Dengan begitu, penjual juga akan bersikap baik pada Anda atau bahkan karena keramahan Anda, Anda malah mendapatkan harga yang lebih murah.

7. Datang Pada Pagi atau Sore Hari
Pasar barang bekas seperti Pasar Senen, biasanya buka pukul 09.00 sampai pukul 18.00. Jika Anda ingin puas belanja, sebaiknya datang dari pagi karena belum terlalu ramai dan panas. Atau bisa juga datang sore, saat toko sudah mau tutup untuk mendapatkan barang dengan harga lebih murah lagi. Selamat mencoba!