< Business

8 Bisnis yang Bisa Dilakukan di Garasi Rumah

8 Bisnis yang Bisa Dilakukan di Garasi Rumah

Business

Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi maju tidaknya sebuah bisnis. Namun, untuk mendapatkan lokasi bisnis yang strategis tidaklah mudah. Selain, lokasi yang strategis biasanya mahal, ketersediaannya juga semakin terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda yang memiliki garasi di rumah sebenarnya dapat memanfaatkannya. Terlebih lagi jika garasi tersebut sudah tidak digunakan. Daripada dibiarkan kosong, lebih baik Anda sulap menjadi lokasi usaha.

Banyak usaha sukses yang berawal dari garasi. Anda pun tak perlu pusing memikirkan uang untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Selain itu, Anda juga tak perlu membuang waktu untuk bermacet-macetan menuju tempat usaha. Intinya, bisnis akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Nah, bagi Anda yang tertarik membangun bisnis dan kebetulan memiliki garasi tak terpakai, ini dia delapan ide bisnis yang cocok untuk Anda.

1. Laundry
Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, bisa memulai bisnis ini dengan menggunakan garasi. Peluang bisnis ini cukup cerah mengingat banyak masyarakat perkotaan yang sibuk dan tak sempat mencuci baju mereka sendiri. Mereka biasanya akan menyerahkan urusan ini pada asisten rumah tangga atau jasa laundry.

Peluang emas tersebut tentu bisa Anda manfaatkan. Anda tinggal menyiapkan peralatan untuk bisnis laundry, antara lain mesin cuci dan setrika uap. Namun, jika Anda belum memiliki cukup modal untuk membeli peralatan tersebut, Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara yang lebih sederhana, yakni memanfaatkan jasa laundry yang sudah eksis lebih dulu.

Anda hanya perlu menyediakan tempat untuk menerima kiriman baju kotor. Jika mendapatkan permintaan laundry, Anda tinggal membawanya ke jasa laundry yang sudah bekerjasama dengan Anda. Keuntungan bisa didapatkan dengan cara bagi hasil.

2. Online Shop
Seserius apapun Anda menggeluti bisnis online shop, tempat untuk bekerja tetap dibutuhkan. Anda membutuhkan ruangan untuk menyimpan barang dagangan hingga mengemas barang-barang dagangan yang akan diberikan ke pembeli. Keberadan toko juga dapat lebih meyakinkan pelanggan akan bisnis Anda.

3. Toko Kue
Anda hobi membuat berbagai jenis kue? Kenapa tidak menyalurkan hobi tersebut menjadi bisnis yang menghasilkan? Ibu-ibu tetangga atau kerabat dekat biasanya membutuhkan kue untuk suguhan acara-acara di rumah mereka, seperti arisan, syukuran, menyambut tamu, atau sekadar untuk dimakan sendiri.

Di garasi, Anda hanya perlu memajang kue seperlunya saja. Sisanya, Anda bisa membuatnya saat ada pesanan datang. Jika kue buatan Anda ternyata enak, dan harga yang ditawarkan cukup bersahabat, konsumen pastinya akan merasa puas dan mempromosikannya ke orang lain. Anda juga bisa mengandalkan media sosial untuk mempromosikan bisnis kue Anda.

4. Bengkel
Di zaman modern seperti sekarang ini, hampir setiap rumah memiliki kendaraan pribadi. Jika kebetulan daerah rumah Anda jauh dari bengkel, dan Anda memiliki kemampuan serta pengetahuan di bidang otomotif, manfaatkan peluang emas ini untuk membuka bengkel sendiri. Akan lebih menguntungkan lagi jika rumah Anda terletak di pinggir jalan raya, bengkel Anda akan lebih mudah diketahui calon konsumen.

5. Toko Kelontong
Toko kelontong atau warung adalah bisnis yang tak ada matinya, karena menjual kebutuhan sehari-hari di mana selalu ada orang yang datang untuk membelinya. Anda bisa membuka warung di garasi rumah yang sudah tak terpakai. Tidak perlu menjual berbagai kebutuhan sehari-hari terlalu banyak, upayakan untuk menyediakan jenis barang yang biasa dicari pembeli di warung, seperti beras, telur, gula, sabun mandi, mi instan, deterjen, dan sebagainya.

Meski mungkin sudah ada tetangga yang membukanya, Anda tidak perlu khawatir tidak ada pembeli yang akan datang. Yang terpenting, jaga selalu kualitas barang dagangan Anda, seperti tidak menjual barang-barang yang sudah kadaluwarsa, dan jangan menjual dengan harga yang kemahalan. Serta tentunya berikan pelayanan yang ramah agar pelanggan lebih senang belanja di warung Anda.

6. Tempat Fotokopi
Apabila lokasi rumah berdekatan dengan sekolah, kampus, atau perkantoran, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka bisnis fotokopi. Anda juga bisa melengkapi layanan dengan jasa percetakan atau printing, jilid, dan pengetikan.

7. Menjahit
Kalau Anda punya hobi dan ahli menjahit, membuka jasa menjahit juga cukup menguntungkan. Mulai saja menerima pesanan dari tetangga sekitar. Garasi biasanya cukup untuk menampung 1-2 mesin jahit, sekaligus memamerkan hasil jahitan Anda. Untuk memikat hati pelanggan, Anda harus berupaya untuk sabar menghadapi permintaan pelanggan, dan pasang tarif yang bersahabat.

8. Salon atau Pangkas Rambut
Ide bisnis yang satu ini juga cukup menarik, Anda bisa membuka salon atau pangkas rambut di garasi. Sediakan 2-3 kursi saja juga sudah cukup. Jika masih kecil-kecilan, tidak perlu merekrut pegawai, Anda kemungkinan masih bisa mengurusnya sendiri.

Jangan sungkan untuk mengajak ngobrol pelanggan yang datang dengan topik-topik yang sedang hangat. Tujuannya tentu saja agar mereka tidak bosan, dan merasa akrab dengan Anda. Dengan begitu bukan tak mungkin mereka bersedia kembali lagi ke salon Anda.