< F&B Highlights

8 Jenis Chinese Food yang Harus Anda Tahu

8 Jenis Chinese Food yang Harus Anda Tahu

F&B Highlights

Kelezatan ragam masakan khas Cina atau Chinese Food memang tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran jika kuliner ala negeri tirai bambu ini dapat ditemui dengan mudah di negara manapun, termasuk Indonesia.

Dari banyaknya ragam masakan asli Cina, dikelompokan menjadi delapan jenis yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Apa sajakah itu?

1. Kanton atau Cantonese
Kantonis berbeda dengan hidangan khas Cina lainnya, karena sangat beragam dan menggunakan bahan-bahan pilihan serta bumbu dari rempah-rempah. Selain itu, teknik memasaknya juga harus menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas agar mendapatkan cita rasa yang pas, serta racikan saus yang pekat dan kental.

Masakan kantonis bisa dikombinasikan dengan masakan lokal di tempatnya berada. Maka tak heran jika masakan Cina jenis ini menjadi yang paling populer di dunia.

Salah satu hidangan Kanton yang terkenal di negeri orang adalah Chop Suey yang justru tidak ada di Cina.

2. Szechuan atau Sichuan
Jenis masakan ini berasal dari provinsi di bagian barat Cina yang mendunia karena kelezatannya.

Ciri khas Szechuan adalah penggunaan bumbu-bumbu yang lebih berani, seperti rasa ekstra pedas yang berasal dari paprika, bawang putih, cabai, dan tambahan lada Sichuan yang merupakan bumbu masakan khas Cina yang juga banyak digunakan di negara Asia lainnya, seperti Jepang, Korea, Thailand, India, dan Sri Lanka.

3. Shandong atau Shantung
Masakan jenis ini berasal dari kawasan Cina bagian utara dengan wilayah pantai yang panjang sehingga seafood menjadi hidangan utama di sini. Biasanya seafood ala Shandong dimasak dengan bumbu sederhana dan tekstur masakan yang renyah.

4. Henan atau Hunan
Masakan Hunan juga didominasi rasa pedas, namun tidak sekuat masakan Szechuan. Biasanya masakan jenis ini menggunakan tanaman herbal sebagai bumbunya, karena Hunan memang terkenal sebagai kawasan penghasil tanaman herbal terbesar di Cina.

5. Jiangsu
Jenis masakan ini berasal dari beberapa wilayah, yaitu Yangzhou, Nanjing, Suzhou dan Zhenjiang.

Masakan Jiangsu dibuat dari bahan-bahan yang tidak bisa dipilih sembarangan, mulai dari daun teh segar, rebung, jamur, buah pir, hingga jujube (buah seperti kurma).

Karena mengedepankan menu sehat dan teknik memasak yang detail, masakan inipun sering disajikan dalam acara kenegaraan di Cina.

6. Zhejiang
Berbatasan langsung dengan kota Shanghai, membuat kuliner Zhejiang memiliki banyak kemiripan dengan masakan dari Jiangsu dan Shanghai, namun tidak disajikan dengan teknik yang rumit.

Ciri khas masakan jenis ini adalah tidak berlemak serta memiliki rasa segar karena disajikan mentah, empuk, dan harum yang lembut.

7. Anhui
Masakan Anhui berasal dari masyarakat Cina yang tinggal di kawasan pegunungan, maka tak heran jika bahan-bahan yang digunakan tidak biasa, bahkan terkesan ektstrem, karena berasal dari alam liar.

8. Fujian
Jenis masakan Fujian yang paling terkenal adalah seafood, karena wilayahnya berada dekat dengan laut. Selain itu, juga terkenal dengan rasa asam manis karena menggunakan gula dan hongzao (jujube merah) sebagai bumbu masakan.