< Tips

8 Langkah Meningkatkan Karier di Kantor

8 Langkah Meningkatkan Karier di Kantor

Tips

Siapa, sih, yang tidak ingin memiliki karier yang menanjak dalam hidupnya? Tentunya semua orang menginginkan hal tersebut. Agar karier kian menanjak, cobalah ikuti 8 langkah cara meningkatkan karier berdasarkan yang dikutip dari http://www.andriewongso.com berikut ini.

1. Membuat Rencana
Menurut Dr. Stephen Covey dalam bukunya The Seven Habits of Highly Effective People, seseorang harus memiliki tujuan akhir dalam pikirannya. Karena dengan mengetahui destinasi akhir yang dituju, seseorang dapat menemukan jalan tercepat untuk sampai ke tujuannya. Apabila seseorang memiliki strategi dan perencanaan yang tepat, maka orang tersebut akan lebih mudah mencapai kesuksesan dalam kariernya. Jadi, mulai dari sekarang tulislah rencana apa saja yang ingin dicapai dalam karier Anda. Kemudian terapkan dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten dan disiplin. Then, wait and see.

2. Semangat Kerja
Ini dia kunci dari kesuksesan. Apabila Anda memiliki rasa semangat yang tinggi, maka atasan Anda pun akan melihat dan mempertimbangkan karier Anda. Keep the spirit dan lakukanlah pekerjaan Anda dengan sepenuh hati!

3. Bekerja Secara Pintar, Disiplin, Follow Up, & Follow Through
Karyawan yang bisa diandalkan adalah karyawan yang memiliki ketepatan waktu dalam bekerja maupun kehadiran, etika kerja yang profesional, serta mengerjakan pekerjaan dengan benar dan sesuai anggaran. Bila Anda mengikuti langkah-langkah tersebut, maka jangan heran atasan Anda akan dengan senang hati mempromosikan Anda.

4. Jujur
Jika Anda memiliki kabar buruk maupun sebaliknya, sampaikanlah secara jujur dan sopan pada atasan. Jangan takut untuk mengatakan hal yang sebenarnya. Karena dengan berani menyampaikan apa yang menurut Anda baik maupun buruk, benar ataupun salah, justru akan menjadikan diri Anda memiliki nilai plus di mata si bos. Be honest and stay polite.

5. Team Player
Tentunya dalam sebuah bisnis, baik besar maupun kecil, dibutuhkan tim untuk mencapai dan melampaui tujuan perusahaan. Di sini Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan tim kerja di kantor. Siapa bilang menjadi bagian dari sebuah tim di kantor tidak bisa bersinar? Bisa, kok! Asalkan Anda harus siap dan mampu menyesuaikan diri dengan model tim.

6. Networking
Perluaslah networking Anda. Karena dengan memperluas networking, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat maupun keuntungan. Jangan malas untuk mengikuti organisasi profesional, seminar, dan lain sebagainya. Dengan memperluas networking, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru dan juga memberikan informasi mengenai peluang kerja atau promosi.

7. Perluaslah Wawasan
Selain memperluas networking, perluaslah wawasan Anda. Sekalipun Anda ahli dalam bidang Anda, bukan berarti Anda tidak mempelajari peran dan tanggung jawab dari departemen lain, dong. Dengan mempelajari peran dan tanggung jawab dari departemen lain, maka Anda akan mengetahui bagaimana mereka masuk ke dalam struktur perusahaan. Teruslah belajar dan gali kemampuan di luar bidang Anda. Dengan demikian Anda bisa kaya akan wawasan.

8. Kreatif dan Berprestasi
Orang kreatif biasanya berani berpikir out of the box. Coba saja Anda perhatikan, biasanya orang-orang kreatif adalah orang-orang yang sukses. Contohnya seperti Steve Jobs atau Coco Chanel sekali pun! Mereka tidak takut untuk bereksperimen dan berani mengambil risiko. Walaupun tidak semua hal kreatif dapat diterima oleh setiap perusahaan, namun lagi-lagi Anda akan mendapatkan nilai lebih di mata atasan Anda. Jangan heran jika suatu saat Anda dipromosikan oleh atasan. Good luck!