< FYI

8 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

8 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

FYI

Sudah kembali memasuki bulan Ramadan, para umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Anda kah salah satunya? Kalau iya, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjadi menu sahur, nih. Agar puasa dapat tetap berjalan lancar, simak artikelnya di bawah ini!

 

1. Makanan Lunak
Mengonsumsi makanan lunak seperti bubur bisa menjadi alternatif saat Anda merasa susah makan saat sahur. Namun, makanan lunak bisa membuat Anda cepat merasa lapar karena makanan lunak mudah dicerna oleh organ dalam tubuh kita. Tidak mau, dong, saat baru mulai puasa sudah tidak kuat menahan lapar?

 
Photo source: http://www.pixabay.com

2. Mi Instan
Selain porsi dan gizinya yang sedikit, mi instan yang mengandung natrium, lemak jenuh, dan MSG juga akan membuat Anda cepat merasa haus. Di siang hari, tenggorokan Anda bisa menjadi kering. Memiliki kadar glikemik yang tinggi, mengonsumsi mi instan sebagai menu sahur juga dapat membuat Anda cepat merasa lapar.

 

3. Jus Buah Kemasan
Karena porsi makan dan minum yang berkurang dalam sehari, Anda tentu perlu menambah nutrisi dengan mengonsumsi buah-buahan. Karena itu, banyak orang sering beralih ke jus buah kemasan sebagai pengganti buah karena alasan kepraktisan. Namun ternyata hal ini kurang baik, lho. Jus buah kemasan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga akan membuat Anda cepat merasa haus. So, konsumsilah jus segar agar tetap kuat dalam menjalankan puasa.

 
Photo source: http://www.flickr.com

4. Makanan Pedas dan Asin
Mengonsumsi makanan pedas saat sahur juga dapat membuat Anda cepat merasa haus. Sedangkan mengonsumsi makanan asin dapat membuat perut terasa kembung dan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.

 

5. Teh dan Kopi
Minum teh atau kopi saat bangun tidur memang menyenangkan. Namun, tahukah Anda kalau teh dan kopi sama-sama mengandung zat diuretik? Zat ini dapat memacu kinerja ginjal hingga meningkatkan sekresi urin. Hal ini dapat membuat Anda sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil dan Anda pun lebih cepat dehidrasi.

 


Photo source: http://www.pixabay.com

6. Makanan Kalengan
Karena kepraktisan dan rasanya yang enak, makanan kalengan seperti ikan sarden dan makarel sering menjadi pilihan sebagai menu sahur. Berhati-hatilah jika Anda sering mengonsumsi makanan kalengan karena zat garam dalam makanan ini cukup tinggi. Garam sendiri dapat menyerap air dalam tubuh dan Anda dapat kekurangan cairan. Jika Anda terpaksa harus mengonsumsi makanan kalengan, imbangi dengan meminum air putih yang banyak, ya.

 

7. Seledri
Sayuran yang satu ini biasanya dapat ditemui sebagai penghias makanan. Diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan, namun seledri bisa menjadi kurang baik apabila dikonsumsi saat sahur. Sama halnya seperti kopi dan teh, seledri juga mengandung zat diuretik yang dapat membuat Anda lebih cepat dehidrasi.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

8. Mentimun
Mentimun banyak mengandung air, yakni sebanyak 95%. Tak heran bila mengonsumsinya membuat tubuh menjadi segar. Namun ternyata, sama halnya dengan seledri sayur yang satu ini juga mengandung zat diuretik. Jadi, sebaiknya hindari terlalu banyak memakan sayuran ini saat sahur, ya!