< FYI

8 Manfaat Sehat Buah Durian

8 Manfaat Sehat Buah Durian

FYI

Banyak orang yang tidak menyukai buah dengan kulit berduri ini karena aromanya yang menyengat. Namun tak sedikit pula yang menyukai buah durian. Apakah Anda salah satunya? Kalau iya, Anda harus tahu ada 8 manfaat sehat dari buah durian apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Check it out!

1. Sumber Energi
Durian banyak mengandung karbohidrat hingga satu porsinya (sekitar 250 gram) dapat memenuhi 20% kebutuhan karbohidrat harian manusia. Karbohidrat ini penting untuk energi tubuh, maka dari itu ada juga atlet yang mencari energi tambahan dengan memakan buah ini. 

2. Kaya Serat
Dalam satu porsi durian mengandung 9 gram serat yang bisa memenuhi sekitar 37% kebutuhan serat harian Anda. Tentunya dengan kaya akan serat, durian memiliki dampak yang baik untuk tubuh Anda terutama sistem pencernaan. 

3. Tinggi Lemak dan Kalori
Eits, jangan berpikir bahwa lemak itu tidak baik. Lemak yang terkandung di dalam durian merupakan lemak baik yang pastinya Anda tak perlu khawatir dengan berat badan Anda. Lemak baik juga bermanfaat untuk mengusir beberapa masalah kesehatan, lho.  

4. Kaya Vitamin C
Yup! Buah yang satu ini memiliki banyak vitamin C yang tentunya baik untuk melawan penyakit, menurunkan kolesterol, dan juga meningkatkan aliran darah. 

5. Mengandung Zat Besi dan Tembaga
Dua zat ini berfungsi untuk membentuk dan menciptakan sel darah merah yang sehat. Selain itu durian juga mengandung zat mangan yang membantu menjaga kesehatan kulit dan juga tulang.  

6. Kaya Kalium
Durian yang kaya akan kalium dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah, menjaga kadar natrium, dan juga dapat mengatur detak jantung Anda. 

7. Sumber Thiamin yang Baik
Thiamin berfungsi untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi dan baik untuk kesehatan otot dan saraf. Dalam satu porsi, durian dapat mengisi asupan thiamin harian Anda sebanyak 30%. 

8. Kaya Folat
Asam folat dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung dan juga membantu fungsi otak. Selain itu asam folat yang terkandung dalam durian ini juga membantu perkembangan janin bagi Anda para ibu hamil, lho. Namun perlu diingat agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi durian, ya!