< Shopping

8 Pasar Tematik untuk Para Shopaholic di Jakarta (Part 1)

8 Pasar Tematik untuk Para Shopaholic di Jakarta (Part 1)

Shopping

Siapa bilang pasar hanya identik dengan jalanan yang becek dengan barang-barang yang membosankan? Delapan pasar berikut ini akan serasa ‘surga’ untuk Anda yang hobi mengoleksi barang-barang tertentu. Cek di bawah ini!

1. Pasar Santa
Berbelanja dengan nyaman dan modern bisa Anda lakukan di sini. Di Pasar Santa, Anda bisa berburu baju-baju unik, sepatu vintage, barang antik, dan koleksi musik seperti kaset, CD, dan vinyl.

Photo source: Instagram (@pasarsanta)

Pasar ini juga terkenal dengan wisata kuliner uniknya yang dibanderol dengan harga sekitar Rp20.000,- sampai Rp80.000,- untuk makanan ‘kekinian’-nya.

Alamat: Pasar Santa Modern, Lantai Dasar AKS No.121, Kebayoran Baru, Jl. Cipaku I, RT.5/RW.4, Petogogan, Jakarta, DKI Jakarta, Special Capital Region of Jakarta 12170
Jam Operational: 10.00 – 22.00 WIB
Instagram: @pasarsanta

2. Jalan Surabaya
Pasar ini merupakan tempat wajib bagi para pecinta barang antik. Lampu gantung, gramafon, peralatan makan dari kuningan, porselen, piringan hitam klasik, serta berbagai ornamen lainnya bisa Anda temukan di Jalan Surabaya.

Photo source: http://flickr.com

Saking diburunya, pasar ini pun pernah didatangi oleh para tokoh masyarakat seperti Bill Clinton, Mick Jagger, dan Sharon Stone saat ke Jakarta, lho. Harga barang di pasar dengan lebih dari 150 penjual ini bervariasi mulai dari Rp5.000,- sampai jutaan rupiah, tergantung barang apa yang Anda incar.

Alamat: Jl. Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, Indonesia

3. Blok M Square
Dikemas dalam gedung perbelanjaan, Blok M Square akan memanjakan Anda para kolektor musik jadul seperti kaset, CD, dan vinyl. Harganya pun bervariasi, untuk piringan hitam mulai dari 50 ribu sampai 1 juta per keping. Beberapa toko musik di sini juga ada yang sengaja menjual vinyl yang dipesannya langsung dari Amerika Serikat, lho.

Photo source: http://panduanwisata.id

Di lantai Lower Ground Blok M Square, Anda juga bisa menemukan buku-buku secondhand dengan bahasa Indonesia maupun Inggris dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah. Pintar-pintar menawar saja untuk mendapatkan satu buku novel berbahasa Inggris seharga Rp25.000,-.

Di malam hari, Anda akan menemukan aneka penjual makanan di pelataran lobi, mulai dari makanan ringan sampai lauk pauk yang bisa Anda bawa pulang ataupun makan di tempat secara lesehan. Yum! Adanya pelukis jalanan juga memeriahkan suasana di sini.

Alamat: Jl. Melawai V, Jakarta Selatan, Indonesia 12160
Website: http://blokm-square.co.id/

4. Pasar Ular
Dengan konsep trade center, di Pasar Ular Anda bisa menemukan barang bermerek dengan harga miring. Walaupun mostly sisa ekspor impor, namun Anda tetap perlu jeli dalam memilih barang di sini. Tanyakan saja pada penjual tentang kualitas atau spekulasi barang. Anda juga bisa melihat dari harganya, contohnya untuk tas bermerek orisinil di sini bisa Anda dapatkan dengan harga 500 ribu sampai 1 juta.

Photo source: http://djangkarubumi.com

Pasar Ular juga bisa menjadi surga bagi Anda pemburu keramik. Yang perlu dicatat, pastikan Anda siap membeli sebelum menawar, ya, dibanding berurusan dengan penjual yang marah karena Anda sudah menawar tanpa membeli.

Alamat: Jl. Raya Plumpang Rawa, Badak Koja, Jakarta Utara

5. Pasar Senen
Di Pasar Senen, Anda akan menemukan banyak baju secondhand fashionable layak pakai dengan harga murah. Kalau Anda pintar menawar harga, membawa uang Rp200.000,- saja sudah memungkinkan Anda untuk mendapat 8 potong baju, lho. Tak heran, harga baju-baju di sini dimulai dari Rp15.000,-. Bahkan ada yang sampai seribu rupiah saat sale besar-besaran setelah jam 5 sore. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas baju yang Anda pilih dan mencucinya dengan bersih sebelum dipakai, ya.


Photo source: http://panoramio.com

Alamat: Jalan Senen Raya, RW.03, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410

6. Metro Atom Plaza Pasar Baru
Nah, kalau pasar yang satu ini surganya para penggiat kamera dan aksesorisnya. Siap-siap untuk belanja dengan harga lebih murah di lebih dari 100 tokonya. Contohnya saja, lensa kamera jenis fixed kondisi baru yang biasa dijual 1,6 juta di toko komersil bisa Anda dapatkan 300 ribu rupiah lebih murah di sini.

Photo source: http://glosiran.com

Kamera analog antik juga bisa Anda temukan dalam kisaran harga 1 juta sampai puluhan juta rupiah. Tentu saja hal ini tergantung toko yang Anda datangi dan barang apa yang dicari, ya. Beberapa toko pun menyediakan jasa reparasi kamera.

Alamat: Metro Atom Plaza, Jl. Ps. Baru No.60, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

7. Pasar Asemka
Mainan anak dengan harga separuh lebih murah dari mall bisa Anda beli di Pasar Asemka. Pasar ini juga surganya aksesori, alat tulis kantor, perlengkapan souvenir ulang tahun dan pernikahan, kembang api, hingga kosmetik.

Photo source: http://galleryanekasouvenir.blogspot.com

Kebanyakan orang berbelanja di sini untuk menjualnya lagi. Harga yang ditawarkan tentu murah meriah, contohnya kipas untuk souvenir pernikahan bisa Anda temukan mulai dari Rp2.500 sampai Rp5.000,- per buah sudah termasuk sablon nama pengantin.

Alamat: Jl. Pintu Kecil Raya, Asemka-Petongkangan, Jakarta Barat, Indonesia
Jam Operational: 08.00 – 18.00 WIB

8. Pasar Rawa Belong
Pasar Rawa Belong merupakan surganya bunga. Anda bisa berbelanja bunga dari kebun Indonesia maupun bunga impor. Harga yang ditawarkan tentu lebih murah, Anda bisa mendapatkan seikat bunga mawar 20 batang dengan harga 50 ribu rupiah. Rangkaian bunga untuk acara khusus pun bisa Anda pesan di sini.


Photo source: http://beritadaerah.co.id

Alamat: Jalan Sulaiman No. 56, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, RT.10/RW.3, Sukabumi Utara, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11540